9 Macam-Macam Bencana Alam di Indonesia dan Penjelasannya

Sabtu, 4 April 2020 07:11 Reporter : Ayu Isti Prabandari
9 Macam-Macam Bencana Alam di Indonesia dan Penjelasannya Ilustrasi gunung meletus. ©2020 Merdeka.com/brilio.net

Merdeka.com - Indonesia dapat dikatakan sebagai salah satu negara yang rawan terhadap bencana alam. Bukan tanpa alasan, secara geografis Indonesia dilalui zona cincin api pasifik dan sabuk alpide. Bukan hanya itu, wilayah Indonesia juga berapa pada pertemuan lempeng-lempeng tektonik.

Kedua hal inilah yang membuat Indonesia rentan terjadi bencana alam, terutama bencana gunung meletus dan gempa bumi. Bukan hanya gunung meletus dan gempa bumi, Indonesia yang terdiri dari beberapa pulau dan dikelilingi laut memberikan risiko bencana alam tersendiri.

Kondisi ini membuat Indonesia tidak luput dari ancaman bencana tsunami. Terlebih aktivitas lempeng di Indonesia yang mempunyai pergerakan cukup aktif. Hal ini semakin memperbesar peluang terjadinya bencana tsunami.

Selain itu, Indonesia masih mempunyai beberapa risiko bencana alam lain, baik yang disebabkan oleh kerusakan alam itu sendiri maupun yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Dilansir dari Liputan6.com, berikut macam-macam bencana alam yang sering terjadi di Indonesia berserta penjelasannya, yang perlu diketahui.

Baca Selanjutnya: Gempa Bumi...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sumut
  3. Bencana Alam
  4. Ragam
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini