6 Manfaat Teh Oolong Bagi Kesehatan, Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Jumat, 16 Oktober 2020 16:45 Reporter : Ani Mardatila
6 Manfaat Teh Oolong Bagi Kesehatan, Dapat Meningkatkan Fungsi Otak ilustrasi jenis teh Oolong. ©servingjoy.com

Merdeka.com - Teh oolong merupakan teh tradisional Cina selatan dan Taiwan, dengan nama 烏龍茶 (pengucapan fonetik: "wu-long") adalah minuman yang dipersembahkan sebagai tanda kehormatan besar.

Teh oolongterbuat dari daun tanaman Camellia sinensis, tanaman yang sama yang digunakan untuk membuat teh hijau dan teh hitam. Perbedaannya terletak pada cara pengolahan teh.

Semua daun teh mengandung enzim tertentu, yang menghasilkan reaksi kimia yang disebut oksidasi. Oksidasi inilah yang mengubah daun teh hijau menjadi warna hitam pekat.

Teh hijau tidak dibiarkan teroksidasi banyak, tapi teh hitam dibiarkan teroksidasi sampai berubah menjadi hitam. Teh oolong ada di antara keduanya, jadi itu teroksidasi sebagian.

Teh oolong dan teh hijau mengandung jumlah kafein yang sama, sekitar 10 hingga 60 miligram (mg) per 8 ons cangkir. Sebagai perbandingan, kopi mengandung sekitar 70 hingga 130 mg kafein per 8 ons cangkir.

Mengonsumsi teh Oolong memiliki banyak manfaat kesehatan yang penting untuk kesehatan Anda. Orang menggunakan teh oolong untuk mengobati obesitas dan diabetes. Kandungan katekin (antioksidan) dan kafeinnya yang unik yang meningkatkan potensi pembakaran lemak tubuh dan meningkatkan metabolisme hingga 2 jam setelah meminumnya menurut Journal of Nutrition.

Teh oolong juga mengandung polifenol yang membantu memblokir enzim pembentuk lemak. Berikut selengkapnya manfaat teh Oolong bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

Baca Selanjutnya: Kurangi Resiko Terkena Penyakit jantung...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini