'Pele Sakit dan Sudah Tua, Tapi Masih Ingin Lihat Brasil Juara Piala Dunia 2022'

Senin, 5 Desember 2022 20:34 Reporter : Merdeka
'Pele Sakit dan Sudah Tua, Tapi Masih Ingin Lihat Brasil Juara Piala Dunia 2022' Pele. © espncdn.com

Merdeka.com - Keluarga legenda sepak bola dunia Pele, angkat bicara terkait kondisi eks bintang Timnas Brasil yang disebutkan dalam kondisi sakit parah. Mereka menjawab, kondisi Pele membaik bahkan akan menyaksikan Brasil juara Piala Dunia 2022.

Komentar keluarga itu disampaikan dua putri dan satu cucu Pele yakni Kely dan Flavia Nascimento serta Arthur Arantes do Nascimento mengatakan dalam sebuah wawancara seperti dikutip dari Marca, Senin (5/12).

Kata dia, Pele telah dirawat di rumah sakit sejak beberapa hari lalu untuk mengobati infeksi pernapasan yang diperparah oleh Covid-19. Mereka menambahkan bahwa pria berusia 82 tahun itu tidak berada di bawah risiko kematian.

Legenda sepak bola dunia itu juga tengah menjalani kemoterapi dalam perjuangannya melawan kanker, dirinya diperkirakan akan meninggalkan rumah sakit Albert Einstein di Sao Paulo begitu dia sembuh total dari infeksi pernapasan.

2 dari 3 halaman

Pihak rumah sakit mengatakan pada Sabtu (3/12) Pele mendapat perawatan infeksi dengan baik dan kondisi kesehatannya tidak memburuk selama 24 jam sebelumnya. Namun, satu hari setelahnya mereka tidak mengeluarkan pernyataan apa pun tentang kesehatan mantan pesepakbola itu pada hari Minggu.

"Dia sakit, dia sudah tua. Tapi saat ini, dia ada di sana karena infeksi paru-paru. Dan begitu dia merasa lebih baik, dia akan pulang lagi," kata Kely Nascimento kepada TV Globo. Dia tinggal di Amerika Serikat dan berbicara di video.

"Dia tidak mengucapkan selamat tinggal di rumah sakit saat ini," tambahnya.

Dia menambahkan, Pele menjalani pengangkatan tumor usus besar pada September 2021, tidak diketahui apakah tumor tersebut telah menyebar. Pihak keluarga enggan menyampaikan hal ini.

Flavia Nascimento hanya menyebut bahwa pengobatan itu terus berlanjut dan Pele masih berjuang.

"Sangat tidak adil bagi orang untuk mengatakan dia berada di akhir hidupnya, dalam perawatan paliatif. Teman-teman, itu tidak benar. Percayalah pada kami," katanya.

"Dia tidak dalam perawatan intensif, dia berada di kamar tidur biasa. Dia tidak dalam risiko, dia dalam perawatan."

Ditambahkan, Arthur Arantes do Nascimento, Pele dalam kondisi sadar bahkan masih menyaksikan Brasil di Piala Dunia 2022 dari rumah sakit. Melalui sambungan telepon, dirinya berdiskusi dengannya mengenai pertandingan.

3 dari 3 halaman

Cucu Pele ini mengatakan, mantan pesepakbola itu merindukan permainan Neymar yang tengah cidera.

Arthur juga mengatakan kakeknya tersentuh dengan banyaknya doa yang mengalir dari seluruh dunia dalam beberapa hari terakhir.

"Saya melihat orang mengatakan kepada saya 'beristirahatlah dengan tenang' (untuk Pelé). Suatu hari itu akan terjadi, tetapi tidak hari ini," kata Arthur Arantes do Nascimento.

"Dia akan baik-baik saja, ini masalah waktu. Dia akan melihat Brasil mengangkat gelar keenam."

Untuk informasi, Pele membantu Brasil memenangkan Piala Dunia 1958, 1962 dan 1970 dan tetap menjadi pencetak gol terbanyak tim sepanjang masa dengan 77 gol dalam 92 pertandingan. [eko]

Baca juga:
Jelang Argentina vs Belanda, Kiper Albicelestes Mulai Lempar Psy War
Kaget Jerman Tersingkir, Messi Sebut 4 Negara Ini Berpeluang Juara Piala Dunia 2022
Rumah Disatroni Rampok Bersenjata, Raheem Sterling Tinggalkan Piala Dunia
Piala Dunia 2022, Olivier Giroud Cetak Sejarah Pencetak Gol Terbanyak Prancis
Link Live Streaming Brasil vs Korsel: Brasil Diunggulkan, Korsel Siap Beri Kejutan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini