Tidur Tanpa Melepas Bra, Apa Dampaknya untuk Payudara?

Rabu, 17 Agustus 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Tidur Tanpa Melepas Bra, Apa Dampaknya untuk Payudara? Ilustrasi tidur. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Bagi sejumlah wanita, melepas bra sebelum tidur merupakan sebuah rutinitas yang biasa mereka lakukan. Namun, bagi sejumlah wanita lain, tidur menggunakan bra merupakan hal yang biasa dilakukan.

Lanta, sebenarnya lebih baik melepas atau menggunakan bra pada saat tidur?

"Sejumlah wanita memiliki payudara yang sangat besar dan lembek, pada kondisi ini, tidur menggunakan bra bisa menyokongnya dan membatasi pergerakan payudara," terang Janet Yeh, MD, dari NYU Langone Hospital-Brooklyn dilansir dari Livestrong.

Sayangnya tekait penggunaan bra saat tidur ini banyak diiringi oleh mitos. Terdapat mitos yang mengatakan bahwa tidur dengan menggunakan bra bisa menghambat sirkulasi, perkembangan payudara, serta bahkan meningkatkan risiko kanker. Sebaliknya, ada juga mitos yang mengatakan bahwa menggunakan bra saat tidur justru bisa mencegah mengendurnya payudara akibat usia.

Menggunakan bra pada saat tidur ini walau begitu bukannya tanpa dampak. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah dampak yang bisa dialami oleh payudara akibat penggunaan bra ketika tidur ini.

2 dari 3 halaman

Adakah Dampak Tidur Menggunakan Bra?

Perkembangan Payudara dan Sirkulasi Darah

Selama bra yang digunakan tidak terlalu ketat, maka tidak akan muncul dampak pada sirkulasi dan hambatan terhadap pertumbuhannya. Pemilihan bahan juga perlu diperhatikan karena bra berbahan renda justru bisa menimbulkan iritasi kulit.

Walau begitu, menggunakan bra yang terlalu longgar ketika tidur juga bisa tidak nyaman. Pasalnya, posisi bra tidak akan mantap untuk menyokong payudara.

Bisakah Memunculkan Risiko Kanker Payudara?

Menggunakan bra pada saat tidur juga tidak terbukti bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Terkait hal ini, lebih banyak mitos dan rumor yang beredar dibanding bukti ilmiah.

Disebutkan bahwa tidur dengan menggunakan bra berkawat bisa memicu munculnya tumor di payudara. Namun hingga saat ini belum ada bukti penelitian yang mendukungnya.

Payudara Kendur

Ketika kamu hendak mencegah payudara mengendru, tidur menggunakan bra tidak akan menimbulkan dampak.

"Secara alami payudara akan mengendur seiring waktu," terang dr. Yeh.

"Menggunakan bra ketika tidur tidak akan mencegah atau memperlambat proses ini," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Jenis Bra Terbaik untuk Tidur

terbaik untuk tidur

Dalam memilih bra yang terbaik untuk digunakan pada saat tidur, terdapat hal yang harus diperhatikan. Salah satu yang terpenting adalah pilih bra yang paling nyaman.

"Bra yang lembut, suportif, dan berukuran pas sangat cocok untuk digunakan tidur," terang dr. Yeh.

"Katun merupakan bahan kain yang tepat untuk digunakan," sambungnya.

Pastikan untuk menghindari bra berkawat karena bisa sangat mengganggu kenyamanan saat tidur. Secara umum, tidur menggunakan bra tidak menimbulkan dampak buruk yang berbahaya, hanya saja bisa terasa sangat tidak nyaman. [RWP]

Baca juga:

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini