Ternyata, ini fungsi utama dari adanya gigi bungsu

Selasa, 7 Februari 2017 19:14 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
ilustrasi gigi. www.ourknowledgeisyourpower.com

Merdeka.com - Di usia yang sudah tidak muda lagi, pernahkah Anda mengalami pertumbuhan gigi di geraham? Itulah yang disebut dengan gigi bungsu. Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga yang muncul di usia antara 17-25 tahun. Munculnya gigi bungsu ini memainkan peranan penting dalam membentuk keselarasan gusi. Kebanyakan orang dewasa memiliki empat gigi bungsu.

Selain hal tersebut, berikut adalah beberapa fakta penting yang harus Anda ketahui tentang gigi bungsu seperti dilansir dari healthmeup.com.

  • Selain untuk menyelaraskan bentuk gusi, gigi bungsu diperlukan untuk mengunyah makanan dan mencegah keausan gigi lainnya. Diyakini, gigi bungsu mampu mengunyah makanan sehingga lebih lembut.
  • Salah satu hal yang kurang disukai dari munculnya gigi bungsu adalah rasa sakit yang menyertai tumbuhnya gigi ini. Hal ini disebabkan karena selama bertahun-tahun sejak terakhir tumbuh, gusi manusia mengalami perubahan bentuk sementara tumbuhnya gigi bungsu akan menggeser letak gigi lain sehingga menimbulkan rasa sakit dan bengkak. Untuk mengatasinya, kompres pipi Anda dengan es, garam, minyak cengkeh, atau minyak zaitun.
  • Gigi bungsu rentan terhadap infeksi, radang, masalah gusi, dan cedera lainnya. Sebab letak gigi bungsu sulit untuk dijangkau dan dibutuhkan perawatan ekstra untuk membersihkannya.

Jika gigi bungsu sudah mengalami komplikasi kesehatan, maka sebaiknya Anda menghilangkannya. Tentunya melalui perawatan medis yang aman. Oleh karena itu agar hal tersebut tak terjadi, membersihkan dan flossing gigi bungsu merupakan sebuah keharusan. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini