Ternyata ASI memiliki vaksin yang luar biasa hebat untuk bayi

Jumat, 14 Oktober 2016 14:46 Reporter : Yoga Tri Priyanto
Ternyata ASI memiliki vaksin yang luar biasa hebat untuk bayi Ilustrasi menyusui. ©Shutterstock/SvetlanaFedoseyeva

Merdeka.com - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ternyata manfaat asi untuk bayi begitu besar. Bukan hanya untuk nutrisi bayi, namun bekerja untuk melawan penyakit tertentu seperti TB alias tuberkulosis.

"Beberapa vaksin ada yang tidak aman bagi bayi yang baru lahir," ujar pemimpin peneliti bernama Ameae Walker, seorang Profesor di University of California, Riverside School of Medicine di Amerika Serikat.

Lebih lanjut, Walker juga menjelaskan bahwa bayi yang mendapatkan vaksinasi dari ibu maka bayi tersebut akan menerima sel-sel kekebalan selama dia meminum ASI. Sehingga hal tersebut akan melindungi kesehatan bayi sedini mungkin.

Ini mungkin bukan hal baru, namun para peneliti baru percaya setelah pengujian ASI ternyata lebih besar dari yang dibayangkan. Para ilmuwan kini memahami bahwa ASI memilki peran penting dalam memberikan perlindungan kekebalan terhadap beberapa infeksi. Hal tersebut biasa disebut 'kekebalan pasif'.

Sel-sel kekebalan dalam ASI melewati dinding usus bayi dan masuk ke organ kekebalan yang disebut timus. Sesampainya di sana, sel-sel tersebut 'mendidik' dan mengembangkan sel-sel lain untuk menyerang organisme menular yang mungkin ada di dalam tubuh bayi.

Umumnya, bayi yang divaksinasi secara langsung terhadap TB tidak memiliki respon yang baik. Tidak semuanya.

"Kami berharap bahwa dengan vaksinasi ibu (ASI), dengan cara menyusui, maka akan meningkatkan kekebalan bayi terhadap TB," kata Walker. [ega]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini