Telapak Tangan Berkeringat Dingin Belum Tentu Tanda Sakit Jantung

Jumat, 11 September 2020 07:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Telapak Tangan Berkeringat Dingin Belum Tentu Tanda Sakit Jantung Ilustrasi telapak tangan. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Selama ini, kondisi tangan yang berkeringat dianggap identik dengan gejala penyakit jantung. Namun, ternyata kondisi ini tidak menjadi penanda adanya masalah jantung saja.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Adriawan Widya Nugraha mengatakan hal itu bisa sebagai kondisi hiperhidrosis.

"Bisa saja ini sebagai fenomena hiperhidrosis, yaitu suatu kondisi dimana kelenjar keringat memproduksi keringat secara berlebihan di bagian tubuh tertentu atau di bagian telapak tangan," kata dokter yang berpraktik di RSUD dr. Iskak Tulungagung, Jawa Timur ini dilansir dari Antara.

Adriawan menuturkan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang gejala fisik penyakit jantung seringkali menimbulkan kesalahpahaman. Apabila seseorang hanya merasakan keringat dingin tanpa dengan gejala tertentu belum bisa dipastikan bahwa itu dari reaksi sakit jantung.

Lalu, seperti apa tanda awal orang dengan penyakit jantung? Misalnya, seseorang mengeluarkan keringat dingin berlebihan di bagian kaki dan tangan yang diikuti dengan gejala lainnya. Seperti rasa nyeri di dada sebelah kiri, sesak nafas, dan jantung terasa berdegup kencang (detak jantung berlebihan).

"Apabila seseorang mengalami hal-hal yang mirip, kemungkinan gejala tersebut adalah penyakit jantung. Akan tetapi belum tentu juga. Sebelum diperiksa oleh ahlinya belum dapat disimpulkan karena setiap individu tidak memiliki gejala yang sama," terangnya.

Baca Selanjutnya: Soal Hiperhidrosis...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini