Tak hanya bikin pintar, membaca sajikan 4 manfaat sehat ini

Senin, 18 Januari 2016 18:11 Reporter : Siti Rutmawati
Tak hanya bikin pintar, membaca sajikan 4 manfaat sehat ini ilustrasi membaca. ©www.zmescience.com

Merdeka.com - Membaca, seringkali dianggap sebagai sebuah kegiatan yang membosankan. padahal membaca memberikan kita banyak informasi dan bahkan mampu membawa kita menjelajahi dunia.

Tak hanya menambah wawasan, membaca ternyata memiliki empat manfaat tak terduga bagi kesehatan. Mau tahu? Melansir dari thealternativedaily.com, berikut ini merupakan empat manfaat sehat yang bisa kamu dapatkan dari membaca.

1. Lebih baik dalam hubungan sosial

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang-orang yang suka membaca lebih mampu membaca emosi orang lain dibandingkan dengan mereka yang tidak. Kemampuannya ini ternyata mampu mendorong hubungan yang sehat dan meningkatkan kemampuan seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain.

2. Memudahkan tidur nyenyak

Para peneliti dari University of Sussex menemukan bahwa membaca buku yang bagus ternyata mampu mengalahkan aktivitas-aktivitas menenangkan lainnya seperti minum teh atau mendengarkan musik.

Para peneliti menyarankan bahwa kamu tak perlu memilih teks yang membosankan. Cerita yang menarik bagi kamu akan mengalihkan pikiran kamu dari berbagai stres. Terhindar adri stres dapat membuat tidur kamu lebih nyenyak.

3. Melatih otak

Layaknya olahraga yang memperkuat otot, membaca juga memberikan efek yang serupa. Semakin sedikit kamu melatih otak maka semakin besar pula kemungkinan untuk otak menjadi lemak dan rentan terhadap penyakit.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Neurology, menemukan bahwa individu yang terlibat dalam kegiatan yang merangsang mental seperti membaca memiliki risiko lebih kecil terhadap penurunan kemampuan kognitif dibandingkan dengan mereka yang tidak.

4. Baik untuk kesehatan fisik

Berdasarkan pada artikel dari University of Stavanger, orang yang senang membaca bisa menikmati kesehatan fisik yang lebih baik. Ini karena, orang-orang yang senang membaca lebih sering mendapatkan saran kesehatan dari beberapa tulisan yang mereka baca.

Jadi, sudah siap menjadi seorang kutu buku? [SRA]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini