Saat Sedang Hamil, Waspadai Pijatan pada Sejumlah Titik Ini

Selasa, 30 April 2019 16:07 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Saat Sedang Hamil, Waspadai Pijatan pada Sejumlah Titik Ini Ilustrasi Ibu Hamil. ©2015 Merdeka.com/Angeline Agustine

Merdeka.com - Hamil muda merupakan usia yang sangat rentan terhadap kesehatan ibu dan juga jabang bayi yang dikandung. Salah satu hal yang harus diwaspadai adalah ketika melakukan pijat pada tubuh baik pada diri sendiri dan orang lain.

Terdapat sejumlah titik yang tidak boleh dipijat pada ibu hamil. Salah satunya adalah titik di antara jempol dan telunjuk tangan seperti disampaikan oleh trainer akupresur UPTD Kesehatan Pengobatan Tradisional, Dinas Kesehatan Bali, Wayan Sukeria.

"Ada beberapa titik, seperti di sini yakni sela jempol dan telunjuk tangan. Ini termasuk titik kategori lampu merah, tidak boleh dilakukan stimulasi di titik itu bagi yang tengah hamil muda," kata Sukeria.

Meski tak menjelaskan lebih detail alasan wanita yang hamil muda tak boleh memijat bagian tersebut, Sukeria mengatakan ada catatan yang mendukung hal tersebut.

"Dari catatan akupresur klasik sampai modern, masih disetujui bahwa titik tersebut tidak disarankan bagi yang hamil muda," lanjutnya saat bertemu di Kintamani, Bali.

Titik yang dimaksud oleh Sukeria tersebut, sebenarnya bila dalam kondisi tidak hamil muda bisa digunakan untuk mengurangi keluhan migrain dan sakit kepala.

Lalu, titik lain yang tidak diperkenankan untuk dipijat pada ibu hamil muda adalah area pundak, di atas mata kaki, kemudian di daerah perut. Jika pijatan di daerah tersebut tetap dilakukan, kata Sukeria, dikhawatirkan bisa memicu kontraksi.

"Secara umum, kontraindikasi pijatan itu pada ibu hamil muda sih," katanya.

Namun, saat jelang melahirkan, memijat di area tersebut malah menguntungkan. Keempat titik tersebut malah membantu agar proses kelahiran berjalan baik.

"Kalau yang titik-titik tadi dipijatkan pada hamil tua jelang melahirkan malah baik. Membantu mempercepat proses kelahiran," tandasnya.

Reporter: Benedikta Desideria
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini