Penggunaan Kaca Mata Hitam Ternyata Bisa Sebabkan Kurangnya Vitamin D

Rabu, 20 November 2019 11:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Penggunaan Kaca Mata Hitam Ternyata Bisa Sebabkan Kurangnya Vitamin D Ilustrasi memakai kacamata hitam. www.yatesandsuddell.co.uk

Merdeka.com - Ketika matahari bersinar dengan teriknya, satu hal yang biasa kamu lakukan adalah menggunakan kacamata hitam. Hal ini kamu lakukan agar mata tidak terkena silau cahaya matahari.

Walau cara ini bisa melindungimu dari radiasi ultraviolet, memakai kacamata hitam ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Dilansir dari Medical Daily, Dr. Joseph Michael Mercola mengungkap bahwa hal ini bisa membuat vitamin D tidak diterima secara optimal oleh seseorang.

Sejumlah bukti mengungkap bahwa paparan cahaya matahari ternyata juga dapat berdampak pada daya lihat. Walau begitu, Dr. Mercola juga mengungkap bahwa paparan sinar UV dalam waktu lama seharusnya dihindari.

Sinar matahari bisa menyehatkan mata. Namun, pada cahaya pantulan seperti dari kaca mobil atau kendaraan, menggunakan kacamata hitam disebut Dr. C. Stephen Foster, pakar kesehatan mata bisa berdampak positif.

Cahaya pantulan yang masuk ke mata ini disebut Dr. Foster memiliki dosis dua kali lipat.

"Kamu mengalami paparan langsung dari matahari dan juga paparan kedua dari cahaya pantul," terangnya Dr. Foster.

1 dari 1 halaman

Pada Lokasi Tinggi, Cahaya Matahari Bakal Lebih Kuat

Menurutnya, cahaya matahari bakal lebih kuat pada lokasi tinggi. Hal ini juga biasanya meningkatkan risiko masalah pada mata.

"Menggunakan kacamata hitam bisa melindungi mata seseorang dari seluruh masalah ini," ungkapnya.

Hal yang harus diperhatikan ketika memilih kacamata adalah kemampuannya untuk menangkis cahaya UVA dan UVB. Bentuk dan warna dari kacamata hitam ini tidak berpengaruh.

Dr. Mercola juga mengungkap bahwa kamu sebaiknya mulai menghindari penggunaan kacamata hitam karena alasan lain. Menggunakan kacamata hitam secara rutin bisa menyebabkan mata tidak menyerap cahaya yang dibutuhkan dan penting untuk ritme sirkadian tubuh agar bisa berfungsi dengan tepat. [RWP]

Baca juga:
Klitoris Wanita Ternyata Juga Bermanfaat untuk Proses Reproduksi
Waspada Penggunaan Alat Makan dan Masak Karena Bisa Timbulkan Bahaya Bagi Kesehatan
Apa yang Bakal Terjadi pada Payudara Ketika Berolahraga Tanpa Menggunakan Bra?
Sejumlah Masalah Kesehatan yang Bisa Kamu Alami Ketika Kebanyakan Konsumsi Pepaya
Pahami Langkah-Langkah Hadapi Risiko Stroke yang tepat
Begini Cara Otak Pulihkan Tubuh dan Buang Racun Ketika Tidur

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini