Peneliti Kembangkan Lensa Kontak Baru yang Bisa Bantu Atasi Masalah Buta Warna

Selasa, 17 Maret 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Peneliti Kembangkan Lensa Kontak Baru yang Bisa Bantu Atasi Masalah Buta Warna Ilustrasi lensa kontak. ©Shutterstock.com/Africa Studio

Merdeka.com - Terdapat banyak masalah mata yang mungkin dialami oleh seseorang. Salah satu masalah mata yang sudah muncul sejak lahir dan bisa jadi penyakit bawaan adalah buta warna.

Pada dasarnya, manusia memiliki fungsi mata yang sangat baik dalam melihat warna dan membedakannya. Hal ini merupakan salah satu kelebihan manusia yang tidak dimiliki makhluk lain. Walau begitu, terdapat sebuah masalah kesehatan bernama buta warna yang menghilangkan sebuah keunggulan ini.

Selama ini, masalah buta warna memang tidak banyak menjadi masalah berat. Sejumlah kacamata juga dijual untuk membantu mengatasi munculnya masalah ini.

Cara kerja dari kacamata ini adalah dengan menyaring frekuensi dengan tujuan untuk memberi munculnya warna pada pandangan seseorang. Dilansir dari Medical Daily, penelitian terbaru menemukan adanya lensa kontak untuk menangani masalah buta warna ini.

Purnarupa penemuan baru ini ditemukan oleh Sharon Karepov dan Tal Ellenbogen dari Tel Aviv University di Israel. Mereke menggunakan cara dan teknologi yang serupa dengan kacamata yang bisa membantu seseorang dengan buta warna untuk melihat dalam bentuk lensa kontak.

Hal ini bakal memungkingkan dibuatnya lensa kontak yang khusus untuk permasalah seseorang dengan buta warna. Selain itu cara ini juga bisa menjadi terapi dan penanganan yang baik bagi masalah mereka.

1 dari 1 halaman

Buta Warna

Secara teknis, buta warna merupakan rangkaian kondisi yang mempengaruhi mata dan sistem visual serta bagaimana mereka mengidentifikasi cahaya pada panjang gelombang yang berbeda. Oleh karena itu, seseorang yang buta warna masih tetap dapat melihat sejumlah warna hanya saja tak normal seperti pada orang biasa dan sangat terbatas.

Secara umum, seseorang yang buta warna mengalami kesulitan membedakan warna pada panjang gelonmbang hijau dan merah. Lensa kontak yang baru ditemukan ini bertujuan ini membenahi terjadinya masalah ini.

Temuan ini telah melalui sejumlah tes namun masih perlu menjalani percobaan selanjutnya. Walau begitu, hasil temuan ini tentu sangat menggembirakan dan menjadi jalan keluar bagi masalah ini. [RWP]

Baca juga:
Begini Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Rasa Perih di Mata Akibat Cabai
Ini yang Bakal Terjadi pada Mata Ketika Kamu Tidur Tanpa Melepas Lensa Kontak
Penggunaan Kaca Mata Hitam Ternyata Bisa Sebabkan Kurangnya Vitamin D

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini