Minum obat demam ini bisa bikin gemuk

Selasa, 26 Agustus 2014 12:00 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Minum obat demam ini bisa bikin gemuk Ilustrasi obat. Shutterstock/sachek

Merdeka.com - Sudah menjadi hal yang umum ketika Anda sakit atau sedang merasa tidak nyaman dengan keadaan tubuh, maka Anda akan kehilangan nafsu makan. Apalagi dengan konsumsi obat yang bisa membuat mulut terasa pahit, maka Anda sama sekali tidak memiliki keinginan untuk menyantap makanan apapun.

Namun berhati-hatilah, sebab ternyata ada obat yang bermanfaat untuk mengobati demam namun malah bisa membuat nafsu makan Anda semakin menggila.

Sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk menyebutkan bahwa obat antidepresan yang mengandung zat bernama mirtazapin di dalamnya dapat merangsang nafsu makan Anda.

"Obat antidepresan dapat mengganggu fungsi hipotalamus, bagian dari otak yang berfungsi untuk mengatur nafsu makan Anda. Ketika organ ini terganggu, tidak hanya nafsu makan Anda saja yang meningkat namun Anda juga tidak dapat mengendalikan nafsu makan Anda," papar Profesor Jonathan Chick, peneliti dari klinik rehabilitasi castle Craig di Skotlandia.

Tak hanya itu saja, obat yang mengandung antihistamin yang biasanya diberikan untuk meredakan demam pun juga bisa membuat nafsu makan Anda meningkat. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini