5 Dampak Buruk Kesehatan yang Bisa Kamu Alami ketika Terlalu Sering Bercinta

Senin, 28 November 2022 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Dampak Buruk Kesehatan yang Bisa Kamu Alami ketika Terlalu Sering Bercinta ilustrasi pisang. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Bagi pasangan suami-istri salah satu kegiatan yang biasa dilakukan secara rutin adalah bercinta. Hal ini merupakan bumbu penyedap bagi hubungan yang dimiliki oleh pasangan suami-istri.

Bercinta memang merupakan kegiatan yang bisa membuat hati menjadi gembira dan membuat hubungan rumah tangga semakin intim. Selain itu, kegiatan ini juga diketahui memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Namun walau memiliki sejumlah manfaat, hal ini juga bakal menimbulkan sejumlah masalah jika dilakukan terlalu sering. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah masalah kesehatan yang dapat muncul ketika kamu terlalu sering melakukan hubungan seksual.

Nyeri Otot

Bercinta adalah aktivitas yang melibatkan banyak otot. Jika terlalu diforsir, maka kamu bisa mengalami nyeri otot terutama jika salah posisi ketika bercinta.

Bercinta secara berlebihan ini kadang bisa menyebabkan otot di kaki jadi membengkak dan menimbulkan rasa sakit. Oleh karena itu sebaiknya jangan lakukan secara berlebihan agar tidak mengalami nyeri otot.

2 dari 3 halaman

Masalah Kulit dan Kandung Kemih

dan kandung kemih rev1

Iritasi Kulit

Ketika bercinta, terjadi gesekan kulit yang muncul. Jika kamu memiliki jenis kulit yang tipis, gesekan ini bisa merusak kulit dan menyebabkan infeksi terutama di daerah-daerah sensitif. Hasilnya, akan muncul rasa perih yang malah menurunkan semangat untuk bercinta.

Infeksi Saluran Kencing

ISK atau infeksi saluran kencing adalah salah satu penyakit yang akan muncul jika kamu sering bercinta. Hal ini mungkin muncul jika kamu kurang memperhatikan kebersihan tempat tidur.

Untuk mencegah penyakit ini, perbanyak minum jus cranberry yang bisa membunuh bakteri penyebab ISK. Serta jangan lupa untuk membasuh alat kelamin sebelum dan sesudah bercinta.

3 dari 3 halaman

Kram dan Sakit Punggung

sakit punggung rev1

Kram

Selain nyeri otot, bercinta juga bisa membuatmu mengalami kram. Biasanya yang sering terjadi adalah kram di kaki karena kamu terlalu lama bercinta. Kram ini adalah hasil dari stimulasi yang berlebihan dalam sistem saraf dan kontraksi otot.

Sakit Punggung

Masalah ini mungkin terjadi ketika kamu melakukan hubungan seks dalam posisi yang salah. Hal ini terutama terjadi ketika kamu melakukan gerakan tiba-tiba yang mengejutkan sehingga memperbesar kemungkinan terkilir.

Terlalu banyak bercinta bisa membuatmu mengalami berbagai masalah tersebut. Untuk mencegah terjadinya sejumlah hal tersebut, sebaiknya lakukan seks dalam jumlah yang aman dan tidak membebani kondisi fisikmu.

Baca juga:
Adakah Durasi Ideal untuk Melakukan Foreplay sebelum Bercinta?
Benarkah Malam Pertama selalu Terasa Menyakitkan bagi Wanita?
Bisa Sebabkan Masalah, Ini Alasan Jangan Cukur Habis Rambut Kemaluan
Bisakah Pembuahan Tetap Terjadi ketika Bercinta saat Hamil?
Hendak Jaga Keperkasaan, Ini Hal yang Harus Dilakukan Pria

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini