Makan udang dan vitamin C bisa mematikan, benarkah?

Selasa, 27 Agustus 2013 18:06 Reporter : Kun Sila Ananda
Ilustrasi seafood. ©Shutterstock.com/Robyn Mackenzie

Merdeka.com - Sebelumnya tersiar kabar bahwa mengonsumsi udang dan vitamin C bisa berbahaya, bahkan mengakibatkan kematian. Hal ini karena arsenik yang terkandung dalam udang berinteraksi dengan vitamin C. Dijelaskan bahwa mengonsumsi vitamin C bisa mengubah arsenik yang seharusnya tak beracun bagi tubuh menjadi beracun.

Lantas, apakah hal ini benar atau hanya hoax semata? Seperti dilansir oleh Hoax-slayer, klaim bahwa vitamin C bisa mengubah elemen tak beracun menjadi racun arsenik yang berbahaya hingga menyebabkan kematian tak didukung dengan dasar fakta yang jelas. Selain itu, belum pernah dilaporkan adanya korban keracunan makanan akibat mengonsumsi makanan laut dan vitamin C di saat yang bersamaan.

Arsenik adalah bahan alami yang terdapat di tanah dan mineral. Arsenik bisa masuk ke tubuh manusia melalui makanan, air, atau udara. Sementara itu, makanan laut seperti udang, cumi-cumi dan lainnya memang bisa menjadi kontributor arsenik bagi tubuh manusia. Meski begitu, arsenik yang ada dalam makanan adalah bentuk alami yang tidak begitu berbahaya.

Jangan salah, arsenik memang beracun bagi manusia. Terkena sedikit paparan arsenik bisa menyebabkan masalah kesehatan, sementara terkena paparan arsenik yang tinggi bisa menyebabkan kematian. Namun vitamin C tak memiliki zat yang bisa mengubah elemen tak beracun menjadi arsenik.

Para peneliti di bidang kesehatan telah mengamati interaksi antara vitamin C dan arsenik. Uniknya mereka bahkan menemukan manfaat dari interaksi vitamin C dan arsenik trioksida, salah satunya adalah untuk meningkatkan efektivitas obat kanker. Tak ada penelitian yang menunjukkan bahwa percampuran vitamin C dengan arsenik bisa menyebabkan keracunan.

Selain itu, selama ini masakan laut juga sering dibuat menggunakan bahan makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jeruk nipis, dan lainnya. Jika vitamin C dan makanan laut memang bisa menyebabkan keracunan, seharusnya sejak dulu telah banyak orang yang keracunan makanan.

Berdasarkan standar nasional di China, satu kilogram udang hanya mengandung arsenik on organik sebanyak 0,5 miligram. Bahkan jika semua arsenik non-organik diubah menjadi arsenik trioksida, seseorang harus setidaknya mengonsumsi 150 kilogram udang sekali makan untuk bisa menyebabkan keracunan.

Jadi, tak perlu khawatir ketika mengonsumsi vitamin C dan makanan laut. Namun juga jangan mengonsumsi terlalu banyak. [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini