Lansia Memiliki Kriteria Sepatu Khusus untuk Hindarkan Masalah Lebih Lanjut

Senin, 22 Juli 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Lansia Memiliki Kriteria Sepatu Khusus untuk Hindarkan Masalah Lebih Lanjut Ilustrasi Sepatu. ©mocah.org

Merdeka.com - Bertambahnya usia menyebabkan munculnya sejumlah perubahan pada tubuh kita termasuk pada bentuk kaki. Hal ini menyebabkan sepatu yang nyaman dan muat pada saat kita muda menjadi tidak lagi nyaman serta berbahaya untuk digunakan saat tua.

Dilansir dari Japan Today, sebuah penelitian menyebut bahwa alas kaki atau sepatu yang aman bagi orang tua seharusnya memiliki sejumlah kriteria khusus. Secara anatomi, sepatu ini harus muat, kemudian memiliki ruang yang cukup bagi jari-jari, heel yang rendah dan cukup lebar, ukuran yang nyaman serta mudah dipasang dan copot.

Walaupun sepatu dengan ukuran yang tak tepat bisa menyebabkan masalah pada usia berapa pun, namun risiko ini meningkat seiring bertambahnya usia. Sepatu dengan ukuran yang tak tepat bisa menyakiti bagian jari, telapak kaki, serta tumit.

1 dari 3 halaman

Masalah Ketika Sepatu Tak Cocok

Lebih jauh, sepatu yang tak cocok ini bisa menyebabkan seseorang memiliki risiko terjatuh lebih tinggi. Lebih jauh, hal ini juga bisa menyebabkan terkilir, patah tulang, dan bahkan masalah psikologis dengan sakit kronis.

Pada penelitian ini, untuk menemukan karakteristik yang tepat pada orang tua, Anton Jellema dari Delft University of Technology, Belanda beserta rekannya menganalisis 57 penelitian yang telah dipublikasikan sebelumnya. Orang tua cenderung memiliki langkah lebih pendek namun peningkatan lingkar pada bagian kaki depan, pergelangan kaki dan punggung kaki dibanding orang yang lebih muda.

2 dari 3 halaman

Masalah Ketika Memakai Sepatu Hak tinggi

Sepatu yang terlalu sempit atau kecil dapat menyebabkan rasa sakit, namun sepatu kebesaran juga dapat menyebabkan masalah. Penggunaan jenis sepatu ini bisa menyebabkan kecepatan berjalan semakin rendah, langkah kaki yang pendek, serta cara berjalan yang tidak teratur.

Menggunakan sepatu hak tinggi bisa menyebabkan masalah seperti nyeri di tumit dan kapalan. Jenis sepatu ini tidak disarankan untuk orang tua karena bisa membuat keseimbangan mereka menjadi buruk. Walau begitu, pada wanita yang bertahun-tahun menggunakan sepatu hak tinggi, berpindah menggunakan sepatu tanpa hak juga bisa menyakitkan.

3 dari 3 halaman

Pilihan Sepatu yang Tepat

Pada para wanita, mereka bisa memilih menggunakan hak yang lebih rendah dan lebar untuk lebih menunjang kaki mereka. Sepatu dengan ukuran sol lebih lebar mampu meningkatkan keseimbangan dan mencegah terjatuh. Ukuran sol yang keras juga bisa berguna untuk meningkatkan kestabilan postur dibanding pada sol yang empuk.

Mengingat masalah yang mungkin muncul ketika seseorang dalam usia lanjut terjatuh, sangat penting untuk menemukan jenis sepatu yang tepat ini. Walau begitu, penelitian ini masih belum menemukan secara jelas jenis sepatu yang disarankan untuk dipakai.

Hanya dijelaskan sejumlah hal yang bisa menjadi panduan bagi para orang tua untuk memilih sepatu. Pemilihan hak sepatu serta ukuran merupakan hal yang digarisbawahi dari penelitian ini. Hal lain adalah memilih sepatu yang tepat dan benar-benar nyaman. [RWP]

Baca juga:
Begini Cara Sederhana Membuat Larutan Rendaman Kaki untuk Mengusir Racun di Tubuh
Bahaya yang Muncul dari Kebiasaan Memakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki
Sederet Masalah Kesehatan yang Mengancam dari Penggunaan Sandal Jepit Terlalu Lama
Jaga Kelembutan Kaki dengan Scrub Avokad dan Madu

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini