Konsumsi Makanan Ini Jika Perut Dalam Keadaan Kosong

Senin, 23 Mei 2022 11:05 Reporter : Magang
Konsumsi Makanan Ini Jika Perut Dalam Keadaan Kosong Ilustrasi makanan. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Maris Kiselov

Merdeka.com - Makan merupakan kebutuhan manusia paling dasar untuk bisa bertahan hidup. Tanpa adanya asupan makanan, tubuh akan terasa lemas karena tidak ada sumber energi yang masuk. Kurangnya asupan makanan juga akan membuat tubuh rentan terserang penyakit.

Waktu makan paling umum adalah tiga kali sehari, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam. Namun tidak jarang banyak orang yang melewatkan salah satu atau dua waktu makan tersebut. Hal ini dapat mengganggu pola makan sehari-hari.

Tidak semua makanan yang tersedia di dunia ini baik untuk tubuh. Bisa saja makanan-makanan ini malah menimbulkan gangguan pencernaan terutama jika dimakan pada waktu yang salah.

Saat perut kosong, rasa lapar yang tinggi membuat banyak orang ingin makan dalam jumlah yang banyak tanpa mengetahui dampaknya bagi tubuh. Dilansir dari Bright Side, berikut ini adalah 6 makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat perut kosong:

2 dari 4 halaman

Telur dan Oatmeal

1. Telur

011 tantri setyorini
© Pixabay

Telur merupakan makanan dengan sumber protein yang tinggi. Dilansir dari Healthline, protein membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna, sehingga hal ini dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Selain itu penelitian menemukan bahwa dengan mengonsumsi telur saat sarapan dapat memotong asupan kalori harian secara signifikan. Sehingga telur dapat menjadi pilihan utama dalam mengontrol berat badan.

2. Oatmeal

014 febrianti diah kusumaningrum
Crock-Pot

Oatmeal merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Dikutip dari Healthline, oatmeal mengandung zat besi, vitamin B, manganese, magnesium, zinc, selenium dan serat unik yang bernama beta fiber. Serat cair ini tidak hanya membantu mengurangi kadar kolesterol, tetapi dapat meningkatkan rasa kenyang dengan menghambat proses pengosongan perut. Selain itu, oatmeal dapat membuat perlindungan pada sekitar lapisan perut yang mencegah asam klorida merusak dinding perut.

3 dari 4 halaman

Semangka dan Roti Gandum

3. Semangka

ilustrasi semangka
©Pexels

Buah satu ini mengandung 95% air sehingga sangat cocok untuk dimakan saat perut kosong. Karena dapat memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh selama perut kosong. Selain itu semangka juga dapat meningkatkan kesehatan mata dan hati.

4. Roti Gandum Tanpa Ragi

ilustrasi roti tawar
©Pixabay/congerdesign

Salah satu sumber karbohidrat yang disarankan adalah roti gandum. Pilih roti gandum tanpa kandungan ragi sebab ragi dapat membuat Anda mengalami gangguan pencernaan. Roti gandum merupakan sumber makanan yang mengandung serat tinggi dan karbohidrat kompleks.

Sehingga untuk mencerna makanan ini membutuhkan proses yang lama dan tidak meningkatkan kadar gula darah. Anda dapat menyajikan roti gandum dengan cara dipanggang dan dimakan bersamaan dengan telur goreng, tomat, selai kacang, pisang, stroberi, atau madu.

4 dari 4 halaman

Kacang dan Madu

5. Kacang

ilustrasi kacang navy

istockphoto.com

Memakan kacang saat sarapan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan menetralkan pH di dalam perut. Nutrisi yang terkandung pada kacang yaitu tinggi akan magnesium, potassium, lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung, serta sumber antioksidan yang bagus. Anda dapat menyajikan kacang sebagai topping saat makan roti gandum.

6. Madu

011 tantri setyorini

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Pilihan makanan yang cocok dikonsumsi saat perut kosong yang terakhir adalah madu. Madu merupakan makanan dengan sejuta manfaat. Tidak hanya untuk meningkatkan kesehatan tubuh saja, madu juga digunakan untuk menunjang kecantikan wajah. Selain berfungsi sebagai pemanis alami pengganti gula, madu dapat membantu membangunkan tubuh di pagi hari dengan menyediakan energi ke dalam tubuh dan madu dapat mendorong otak untuk berfungsi lebih baik.

Perut yang kosong mendorong tubuh untuk mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan gula seperti junk food atau makanan cepat saji. Namun makanan ini bisa saja menimbulkan gangguan pencernaan karena perut belum terisi nutrisi sama sekali. Sehingga 6 makanan di atas dapat dikonsumsi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan lain.

Reporter: Eleonora Gifthalia Christi Adena

[mgd]

Baca juga:
Penyebab Cacar Monyet yang Perlu Diwaspadai, Ini Gejala dan Cara Mencegahnya
Orang Tua Wajib Tahu Tindakan Untuk Mengatasi Diare Pada Anak
Mengenal Virus Hendra, Berikut Gejala dan Cara Penularannya
Gejala Sakit Mata Merah dan Cara Mengobatinya
Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Maag

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini