Kenali tanda tubuh kekurangan vitamin B12!

Senin, 10 Juni 2013 20:06 Reporter : Rizqi Adnamazida
Kenali tanda tubuh kekurangan vitamin B12! Ilustrasi vitamin. ©Shutterstock/Piotr Marcinski

Merdeka.com - Vitamin B12 adalah satu nutrisi yang penting bagi tubuh. Jika tubuh kekurangan nutrisi tersebut, risiko anemia kronis bisa meningkat. Coba kenali apakah Anda juga kekurangan vitamin B12 atau tidak melalui tanda yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.

Ngompol

Ada beberapa saat ketika seseorang tidak tahan menahan pipis kemudian akhirnya sedikit mengompol. Ternyata penyebabnya adalah karena tubuh kekurangan vitamin B12.

Letih dan lesu

Jika Anda terlalu letih dan lesu yang tak tertahankan dan lebih parah dari biasanya, coba periksakan diri ke rumah sakit. Siapa tahu Anda memang kekurangan vitamin B12.

berat badan

Penurunan berat badan secara drastis termasuk salah satu tanda tubuh kekurangan vitamin B12. Jika berat badan semakin kurus, tentu penyakit lain lebih mudah menyerang tubuh.

Napas tersengal

Baru naik tangga sebentar, napas sudah tersengal? Hal itu terjadi karena tubuh sedang kekurangan vitamin B12. Konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Mudah berdarah

Cedera yang memicu pendarahan atau sekadar memar memang wajar. Namun jika tubuh mudah sekali atau rentan mengalami keduanya, bisa jadi Anda kekurangan vitamin B12.

Mati rasa

Beberapa kasus kekurangan vitamin B12 yang cukup parah juga mengganggu peredaran darah. Akhirnya, ujung jari tangan dan kaki mengalami mati rasa.

Mudah lupa

Entah mudah lupa, pikun, atau sulit mengingat pun bisa disebabkan oleh masalah kurang vitamin B12. Jadi jangan remehkan jika Anda tiba-tiba terserang sindrom mudah lupa.

Tremor

Tremor atau tangan bergetar adalah salah satu kasus serius dari masalah kekurangan vitamin B12. Gerakan yang tak bisa dikontrol itu pun bahkan bisa mengganggu kesehatan mental.

Halusinasi

Fase parah berikutnya yang dikarenakan masalah kekurangan vitamin B12 adalah halusinasi. Penanganan lebih lanjut bisa dilakukan dengan berkonsultasi pada dokter.

Depresi

Jika tubuh kekurangan vitamin B12, segera atasi masalah tersebut dengan segera. Sebab jika tidak, dalam jangka panjang Anda bisa terserang depresi akut.

Itulah beberapa tanda tubuh kekurangan vitamin B12. Konsumsi makanan seperti produk susu atau telur untuk mencegah masalah tersebut.

Baca juga:

Kenali 7 makanan kaya vitamin B12!

5 Sumber vitamin B12 bagi vegetarian

Makan ikan lindungi bayi dari alergi

Sulit fokus? Coba makan ini!

13 Manfaat kesehatan makan buah jeruk [riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kebugaran
  3. Top List
  4. Vitamin B
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini