'Jumprit singit', permainan menyehatkan untuk anak

Selasa, 9 Juli 2013 15:29 Reporter : Rizqi Adnamazida
'Jumprit singit', permainan menyehatkan untuk anak Ilustrasi anak-anak. ©Shutterstock/Dmitriy Shironosov

Merdeka.com - Sebuah penelitian sebelumnya mengungkap bahwa remaja masa kini banyak yang khawatir akan berat badannya. Namun psikolog Dr Linda Papadopoulus punya cara tepat untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu mendorong anak agar mau melakukan aktivitas di luar ruangan, salah satunya bermain 'jumprit singit.'

"Ajak anak kembali melakukan permainan tradisional. Itu menyenangkan dan menyehatkan," tegas Dr Papadopoulus, seperti yang dikutip dari Daily Mail.

Menurut Dr Papadopoulus, ada beberapa manfaat positif yang bisa diperoleh jika anak dibiasakan untuk beraktivitas fisik di luar rumah sejak dini.

Pertama, perasaan cemas akan berat badan akan sirna. Sebab anak aktif bergerak dan merangsang produksi hormon yang menangkal stres. Dari situ, anak pun tidak akan terpengaruh oleh berbagai iklan dan media yang beredar tentang bagaimana bentuk tubuh yang ideal. Mereka lebih percaya diri dengan kondisi tubuhnya sendiri.

Kemudian yang kedua, secara otomatis anak juga akan terbiasa untuk melakukan aktivitas fisik. Saat di sekolah, orang tua pun bisa mendorong anaknya untuk mengikuti klub olahraga demi mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

"Beberapa permainan tradisional lain seperti kejar-kejaran, pencarian harta karun, atau yang lain juga bisa dilakukan. Intinya adalah semua hal itu harus menyenangkan agar anak tertarik mau dan akhirnya terbiasa melakukannya," papar Dr Papadopoulus.

Meskipun Dr Papadopoulus menekankan bahwa permainan tradisional 'jumprit singit' sebaiknya dilakukan oleh anak-anak, namun orang dewasa tidak ada salahnya untuk mengikutinya juga!

Baca juga:
Jaga kecantikan kulit dengan 7 makanan ini!
7 Nutrisi penting dalam brokoli
Cantik dan sehat dengan lidah buaya
Kelapa, buah tunggal dengan sejuta manfaat
6 Makanan yang melawan diabetes tipe 2 [riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kebugaran
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini