Ini Penyebab Mengapa Kamu Sulit Buang Air Besar saat Bepergian dan Liburan

Jumat, 19 Agustus 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Penyebab Mengapa Kamu Sulit Buang Air Besar saat Bepergian dan Liburan Ilustrasi liburan. ©2012 Shutterstock/haveseen

Merdeka.com - Salah satu permasalahan yang kerap kita alami pada saat liburan atau bepergian adalah masalah pencernaan. Hal ini tak hanya berupa terjadinya diare namun juga konstipasi atau sembelit.

Masalah sembelit ketika bepergian ini merupakan suatu hal yang sangat umum terjadi. Penelitian mengungkap bahwa sekitar 40 persen seseorang yang bepergian mengalami konstipasi ketika liburan.

"Masalah ini sangat sangat umum dialami," terang Edwin Levine, MD, gastroenterologis, dilansir dari The Healthy.

Menurut dr. Levine, terjadinya hal ini disebabkan karena perubahan rutinitas.

"Saya pikir masalah terbesarnya adalah perubahan jadwal," jelas dr. Levine.

"Perbedaan jam muncul ketika kamu bepergian atau kamu tidak memiliki waktu untuk ke kamar mandi selama tiga hingga empat hari. Ketika jadwalmu ini tidak teratur, maka tubuhmu juga bisa menjadi tidak teratur," sambungnya.

Normalnya, kita mendengarkan sinyal yang dikeluarkan oleh tubuh kita ketika tiba saatnya untuk buang air. Sayangnya, pada saat liburan, berbagai sinyal ini kerap terlewat kita sadari.

"Saya pikir banyak orang tidak menyadari bahwa mereka mengalami konstipasi pada saat liburan," terang dr. Levine.

2 dari 3 halaman

Hal Lain yang Bisa Menyebabkan Konstipasi saat Liburan

Tidak Nyaman di Kamar Mandi yang Asing

Merasa santai dan nyaman merupakan salah satu kunci untuk kesehatan pencernaan. Oleh karena itu, pada saat berada di tempat asing dan khawatir dengan kebersihan kamar mandi, kerap kali terjadi sembelit.

Perubahan Kebiasaan Makan dan Minum

Pada saat sedang liburan, kerap terjadi perubahan kebiasaan makan dan minum yang hal ini bisa berdampak pada kesehatan pencernaan. Lebih lanjut, biasanya juga kita minum lebih sedikit sehingga dehidrasi dan konstipasi rentan terjadi.

"Kapan pun kamu mulai mengubah pola makan, maka akan muncul gangguan pada siklus yang biasanya dialami pencernaan," jelas dr. Levine.

Stres dan Cemas

Rasa cemas yang muncul pada saat perjalanan bisa menyebabkan munculnya stres. Hal ini lebih lanjut menyebabkan munculnya konstipasi yang mengganggu perjalananmu.

3 dari 3 halaman

Cara Mencegah Konstipasi saat Bepergian

Konstipasi atau sembelit lebih mudah untuk dicegah dibanding diobati. Pada saat liburan, permasalahan ini biasanya diawali pada hari-hari pertama bepergian sehingga waktu-waktu tersebut perlu diwaspadai.

"Coba konsumsi lebih banyak buah, salad, dan sayuran yang penting untuk membuat pencernaan jadi lancar," terang dr. Levine.

Cukup minum serta lebih santai juga bisa sangat membantu pencernaan ini. Jika kamu sudah terlanjur mengalami sembelit, kamu bisa konsumsi bebebrapa bahan-bahan alami yang mampu meredakan konstipasi. Hanya saja, sebisa mungkin hindari pencahar karena bisa menyebabkan masalah. [RWP]

Baca juga:
Cara Mengatasi Maag yang Ampuh agar Tidak Kambuh Lagi
Ingin Buang Air Besar Namun Tak Kunjung Keluar, Ini Hal yang Mungkin Kamu Alami
Proses Pencernaan Makanan dan Penyerapan Nutrisi Dalam Tubuh

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini