Ini 7 khasiat teh Oolong yang jarang diketahui!

Senin, 28 September 2015 09:12 Reporter : Destriyana
Ini 7 khasiat teh Oolong yang jarang diketahui! ilustrasi teh Oolong. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Pernah minum teh Oolong? Teh ini memiliki perpaduan rasa antara teh hitam dan hijau. Ada berbagai macam teh oolong, tetapi jenis yang paling terkenal berasal dari Provinsi Fuijan, China. Jadi, kenapa kita harus minum teh Oolong? Sebagai salah satu jenis teh yang paling populer di China dan Taiwan, Oolong diketahui memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Nah, berikut adalah tujuh manfaat teh Oolong untuk kesehatan tubuh, seperti dikutip dari WebMD.

1. Membantu menurunkan berat badan

Nah, ini adalah salah satu manfaat teh oolong bagi mereka yang sedang menjalani diet. Teh oolong dapat membantu kita membakar lemak lebih cepat dengan menaikkan metabolisme, dua jam setelah meminumnya. Oolong juga mengandung polifenol yang bisa memblokir enzim yang membangun lemak di tubuh.

2. Menurunkan kolesterol

Teh oolong juga dikatakan bisa menurunkan kadar kolesterol. Itu membuat teh ini bisa meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan polifenol dalam oolong juga mampu mengaktifkan enzim lipase yang bisa melarutkan lemak tubuh.

3. Menyehatkan rambut

Karena kaya antioksidan, teh oolong juga dapat menyehatkan rambut dan kulit kepala. Kita bisa menggunakannya untuk membilas rambut. Rambut akan jadi lebih tebal dan berkilau.

4. Menstabilkan gula darah

Orang yang menderita diabetes tipe 2 umumnya memiliki kadar glukosa darah yang tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang menderita diabetes bisa mengonsumsi teh oolong untuk menormalkan glukosa darah.

5. Mencegah kerusakan gigi

Teh oolong juga dapat melindungi gigi dari asam yang dihasilkan oleh bakteri tertentu. Itu artinya, teh ini sangat efektif dalam mencegah kerusakan gigi dan pembangunan plak.

6. Mencegah osteoporosis

Selain susu, Anda bisa mengonsumsi teh oolong untuk menguatkan tulang. Oolong dapat mencegah osteoporosis dan memperkuat tulang. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rutin minum teh oolong cenderung memiliki tulang lebih padat, karena teh ini membantu mempertahankan mineral dari makanan sehat yang kita konsumsi.

7. Meningkatkan fokus

Secangkir teh oolong dapat membantu meningkatkan fokus karena mengandung kafein. Anda mungkin bisa mengganti kopi dengan teh oolong sebagai alternatif peningkat fokus saat bekerja.

Karena mengandung kafein, Anda tidak boleh mengonsumsi secara berlebihan. Sebab, mengonsumsi terlalu banyak kafein dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, gelisah, sindrom iritasi usus, denyut jantung tidak teratur dan peradangan. Jika Anda sedang hamil, menyusui atau memiliki kondisi medis serius yang bisa terpengaruh oleh konsumsi kafein, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu. [des]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini