Duduk di Kantor Terlalu Lama Ternyata Bisa Sebabkan Ingatan Menurun

Senin, 28 Januari 2019 13:31 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Duduk di Kantor Terlalu Lama Ternyata Bisa Sebabkan Ingatan Menurun Ilustrasi duduk lama. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Dampak buruk duduk terlalu lama di kantor telah berulang kali kami bahas di Merdeka.com. Berbagai masalah yang bisa muncul dari kebiasaan duduk terlalu lama ini bisa muncul pada jantung, lemak tubuh, dan berbagai hal lain.

selain terhadap organ dan juga sejumlah otot di tubuh, duduk terlalu lama juga memiliki efek negatif pada pikiran. Dilansir dari Her, sebuah penelitian menyebut bahwa duduk terlalu lama dapat menyebabkan masalah pada ingatan seseorang.

Penelitian ini dilakukan di University of California terhadap 35 orang dengan usia antara 45-65 tahun.

Seluruh partisipan dipindai otaknya dan secara spesifik dilihat bagian otaknya yang disebut sebagai medial temporal lobe. Bagian otak ini memegang peran yang krusial untuk membentuk ingatan.

Setelah dilakukan pemindaian pada otak, kemudian dilihat seberapa mereka menghabiskan waktu dengan duduk di kursi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka yang duduk lebih lama cenderung lebih tipis pada bagian otak tersebut.

Berdasar kesimpulan dari peneliti, mereka menyebut bahwa kondisi tak bergerak seperti pergerakan ketika duduk atau tiduran dapat berefek pada ingatan kongnitif-mu. Mereka belum yakin secara keseluruhan bahwa duduk merupakan penyebab dari ingatan yang memburuk.

"Lanjutan paling penting dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi struktur MTL pada remaja yang sehat, sebagai contoh dari penanggulangan utama dan universal sebagai lawan dari studi pencegahan sekunder dari risiko seseorang dengan gejala yang minim ditunjukkan," tulis penelitian tersebut. [RWP]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini