Cukup Minum Air Putih Bisa Jadi Cara Mudah Lenyapkan Stres

Rabu, 5 Mei 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Cukup Minum Air Putih Bisa Jadi Cara Mudah Lenyapkan Stres Ilustrasi minum air putih. ©Shutterstock.com/BestPhotoStudio

Merdeka.com - Salah satu minuman yang paling penting untuk kita konsumsi sehari-hari adalah air putih. Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara fisik saja, namun air putih juga bermanfaat pada kesehatan mental.

Psikolog Analisa Widyaningrum mengatakan bahwa minum air putih di saat sahur dan buka puasa dapat memengaruhi kesehatan mental selama bulan Ramadan.

Stres dan perasaan tertekan yang mungkin muncul selama satu tahun bergulat dengan pandemi COVID-19 juga bisa diatasi, salah satu caranya, dengan cukup minum air putih.

"Sebenarnya hal terpenting dari minum air putih adalah transportasi ke oksigen. Pada saat minum, kita sedang men-delivery itu," kata dia.

"Nah, kenapa itu pengaruh ke mental? Karena pada saat oksigen itu mengalir melalui pembuluh darah kita menuju jantung, itulah produksi hormon-hormon positif yang dibutuhkan oleh tubuh kita," Analisa menambahkan.

Menurut Analisa, hormon endorfin dan dopamin juga terproduksi kalau transportasi oksigennya lancar. "Makanya, itulah yang terjadi pada teman-teman ketika meminum air putih. Air di dalam tubuh sepenting itu," kata Analisa dalam webinar 'Melindungi Diri dan Raih Kemenangan Ramadan Bersama AQUA' belum lama ini.

Baca Selanjutnya: Pentingnya Mindful Drinking...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini