Cegah Jumlah Diabetes Semakin Meningkat, Ini Gaya Hidup yang Harus Diterapkan

Minggu, 3 Mei 2020 18:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Cegah Jumlah Diabetes Semakin Meningkat, Ini Gaya Hidup yang Harus Diterapkan Ilustrasi diabetes. Shutterstock/gwolters

Merdeka.com - Pada saat ini, jumlah penderita diabetes terutama di DKI Jakarta terus meningkat. Berdasarkan Riskesdas Tahun 2018, jumlah penderita diabetes adalah 3,4 persen dan meningkat dibanding data 2013 sejumlah 2,5 persen.

Peningkatan jumlah penyandang diabetes ini sangat erat kaitannya dengan gaya hidup tidak sehat. Salah satunya adalah konsumsi GGL (Gula, Garam, Lemak) yang berlebih dan kurang mencermati informasi nilai gizi pada kemasan pangan olahan.

Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular, Kesehatan Jiwa dan NAPZA, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Endang Sri Wahyuningsih, MKM menjelaskan sebagai bagian dari pola hidup sehat untuk mencegah prediabetes maupun diabetes, konsumsi GGL per individu harus dibatasi, yaitu 50 gram gula atau 4 sendok makan gula per hari, 5 gram garam atau 1 sendok teh garam per hari, dan 67 gram lemak atau 5 sendok makan lemak per hari.

"Selain membatasi konsumsi GGL, masyarakat juga harus mencermati informasi nilai gizi pada kemasan pangan olahan supaya asupan nutrisi harian tidak berlebih," paparnya dalam diskusi online bersama Nutrifood.

Baca Selanjutnya: Cegah COVID-19...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini