Berikut Sejumlah Cara Tepat Bagi Orangtua untuk Merawat Bayi Prematur

Minggu, 24 November 2019 07:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Berikut Sejumlah Cara Tepat Bagi Orangtua untuk Merawat Bayi Prematur Ilustrasi bayi. ©Shutterstock.com/KPG_Payless

Merdeka.com - Kelahiran bayi yang prematur membutuhkan penanganan khusus oleh orang tua. Agar bayi prematur tumbuh dengan baik, ada cara merawat yang tepat.

Tata laksana merawat bayi lahir lahir dapat diikuti orang tua. Dokter spesialis anak M Azharry Rully memberikan tips merawat bayi prematur.

Karena kondisi kesehatannya berbeda dengan bayi normal lain, bayi prematur atau berat lahir rendah lebih rentan untuk mengalami hipotermia--kondisi saat temperatur tubuh menurun drastis di bawah suhu normal (di bawah 35 derajat Celsius).

"Pertama, pastikan setelah memandikan, (tubuh) anak benar-benar kering. Segera selimuti untuk menjaga suhu tubuhnya," jelasnya melalui keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com.

"Kedua, ibu juga dapat mempraktikkan Metode Kanguru, yaitu menghangatkan bayi baru lahir menggunakan suhu tubuh ibunya. Selain menghangatkan tubuh anak, metode ini dipercaya meningkatkan berat badan bayi dengan cepat dan memperkuat ikatan antara ibu dan anak."

1 dari 1 halaman

Berikan ASI Sesering Mungkin

Ketiga, bayi lahir prematur perlu diberikan air Susu Ibu (ASI) sesering mungkin. Hal ini untuk menjaga berat badan bayi setelah lahir.

"Berikan ASI sesering mungkin , walaupun waktu menyusuinya pendek, setidaknya sekali dalam 2 jam," lanjut Rully yang berpraktik di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Keempat, jika anak belum bisa menyusui, maka ASI perah dapat diberikan dengan peralatan pendukung, seperti sendok atau gelas. ASI yang diberikan pada anak, selain sebagai sumber nutrisi utama, ASI juga bisa meningkatkan imunitas dan perkembangan tubuh anak.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Baca juga:
Begini Cara Menyenangkan bagi Anak Agar Tidak Kecanduan Gawai
Ini Hal yang Perlu Dipersiapkan Calon Ayah Sebelum Menimang Momongan
Begini Cara Jitu yang Bisa Membantu Anak Menjadi Lebih Mandiri di Usia Muda
Begini Cara Orangtua untuk Jawab Ketika Anak Tanya dari Mana Bayi Berasal

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini