Benarkan Memplester Mulut Ketika Tidur Bisa Memiliki Manfaat Kesehatan?

Kamis, 11 Juli 2019 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Benarkan Memplester Mulut Ketika Tidur Bisa Memiliki Manfaat Kesehatan? Ilustrasi Mulut Diplester. ©askthedentist.com

Merdeka.com - Beberapa waktu ini, menutup mulut dengan plester ketika tidur menjadi perhatian karena diterapkan oleh penyanyi Andien Aisyah. Cara seperti ini dianggapnya bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, terbangun dengan badan lebih segar, tidak mengalami tenggorokan kering, dan tidak ada aroma tak sedap dari mulut saat bangun tidur.

Menutup mulut dengan plester ketika timur disebutnya bisa membuat kita lebih efektif melakukan nose breathing. Dilansir dari Mindbodygreen, bernapas menggunakan hidung ketika tidur ini disebut bisa meningkatkan kandungan oksida nitrat yang mengalir dalam darah dan memberi sejumlah manfaat.

1 dari 4 halaman

Produksi Oksida Nitrat

Produksi oksida nitrat ini sangat penting bagi tubuh karena ketika kekurangan hal ini terjadi sejumlah masalah sepeti fungsi jantung yang menurun, tekanan darah tinggi, fungsi kognitif yang menurun, serta menurunnya daya tahan tubuh. Sayangnya produksi oksida nitrat ini menurun seiring usia.

Untuk mendapat asupan oksida nitrat ke darah, terdapat dua cara yang bisa kita lakukan. Pertama adalah dengan mengonsumsi sayuran kaya nutrisi, sedangkan kedua adalah melalui olahraga serta bernapas menggunakan hidung.

2 dari 4 halaman

Bernapas dengan Mulut saat Tidur

Untuk mengetahui apakah seseorang bernapas menggunakan mulut atau hidung ketika tidur, terdapat langkah mudah yang bisa kamu lakukan. Jika kamu melakukan sejumlah kebiasaan ini, maka ini tandanya kamu terbiasa bernapas dengan mulut saat tidur.

- Bangun tengah malam untuk buang air
- Berpindah posisi tidur saat malam
- Bau mulut di malam hari
- Mendengkur
- Gusi Bengkak atau berdarah
- Gemeretak gigi
- Punya gigi berlubang
- Ngiler di bantal
- Selain itu ketika kamu memiliki masalah tidur, paling tidak kamu memiliki potensi bernapas dengan mulut saat tidur.

3 dari 4 halaman

Bagaimana Memplester Mulut Bisa Membantu Bernapas dengan Hidung?

Pada kondisi normal, tubuh bakal bernapas melalui hidung kecuali muncul kondisi tertentu. Ketika mulut tertutup, tubuh secara normal akan bernapas melalui hidung.

Walau begitu sejumlah hal dan kondisi yang dimiliki seseorang bisa mendorong terjadinya kondisi bernapas dengan mulut saat tidur. Oleh karena itu, memplester mulut merupakan cara yang tepat untuk membuat kamu bisa bernapas menggunakan hidung saat tidur.

Selain untuk membuat seseorang jadi dipaksa bernapas menggunakan hidung sepanjang waktu saat tidur, cara ini juga memiliki manfaat lain. Ketika plester yang kamu pasang di mulut terlepas di pagi harinya, maka hampir dapat dipastikan pada malam harinya kamu bernapas melalui mulut.

4 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Memplester Mulut yang Tepat?

Ketika kamu hendak memplester mulut, terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Yang paling utama adalah memilih tipe plester yang tepat bagi mulut.

Terdapat dua jenis plester yang bisa digunakan untuk menutup mulut ketika tertidur ini. Pertama adalah plester yang memang dibuat secara spesifik untuk mulut sedangkan yang kedua adalah plester micropore untuk operasi.

Dua jenis plester tersebut merupakan tipe yang paling aman bagi kulit. Jangan pernah gunakan plester sembarangan terutama plester kertas atau lakban karena dapat menyakiti serta merusak kulit. [RWP]

Baca juga:
Begini Cara Cepat Buat Kamu Terlelap Tidur Hanya dalam 1 Menit
Wanita yang Bangun Tidur Lebih Pagi Memiliki Risiko Kanker Payudara Lebih Rendah
Ketika Mag Kambuh, Ini Posisi Tidur Paling Tepat untuk Dilakukan
Begini Cara Membedakan Apakah Kamu Sebenarnya Mengantuk atau Kelelahan
Ibu Anak Tiga Miliki Jam Tidur yang Lebih Sebentar Dibanding Ibu Anak Lima, Kok Bisa?

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini