Begini cara tisu basah bunuh kuman

Selasa, 25 Agustus 2015 18:22 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Begini cara tisu basah bunuh kuman Ilustrasi tisu basah. febrianti

Merdeka.com - Selain tisu kering, Anda pasti menyimpan tisu basah dalam tas Anda. Terutama jika Anda sangat perhatian sekali dengan kebersihan dan khawatir akan kuman di sekitar.

Mungkin selama ini Anda hanya mengetahui bahwa karena kandungan alkohol dalam tisu basah saja yang menyebabkan bakteri cepat mati. Padahal sebenarnya tisu basah memiliki cara tersendiri untuk membunuh kuman.

"Tisu basah mengandung bahan kimia yang berbeda untuk membunuh mikroba termasuk bakteri dan virus yang berbeda pula. Secara umum alkohol dalam tisu basah akan membunuh bakteri dengan metode denaturasi atau menghancurkan struktur protein di dalam sel. Namun tak hanya itu saja kerja tisu basah," tulis penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk ini.

"Selain alkohol, tisu basah juga mengandung sabun yang akan menghancurkan dinding sel bakteri dan virus yang membuat sel hancur. Biasanya zat sabun ini ampuh untuk menghancurkan virus yang berbahaya. Kemudian kandungan pemutih di dalamnya juga akan mempromosikan oksidasi dalam sel yang menyebabkan kematian sel."

Masih dari penelitian ini, Anda pun disarankan untuk hanya menggunakan tisu basah sekali saja saat mereka masih basah. Sebab jika Anda menggunakan tisu basah yang sudah kering, maka kuman yang terperangkap dalam sel ini justru akan menyebar jika Anda menggunakan untuk membersihkan sesuatu. [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini