Bagi Penderita Diabetes, Cermati Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Saat Puasa

Rabu, 1 Mei 2019 18:07 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Bagi Penderita Diabetes, Cermati Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Saat Puasa Ilustrasi gula. Shutterstock/Timmary

Merdeka.com - Pola makan dan asupan gula yang dikonsumsi ketika bulan puasa terutama bagi penderita diabetes perlu sangat diperhatikan. Jika tidak diperhatikan, diabetes yang kamu miliki bisa mendadak kambuh.

Dokter penyakit dalam dari Rumah Sakit Umum Bhakti Asih, Jakarta, dr. Bhanu, SpPD, menjelaskan bahwa batas konsumsi gula per-hari bagi orang yang tak menderita diabetes adalah empat sendok makan. Sementara bagi pasien diabetes, sedikit di bawahnya.

"Berbuka dengan yang manis itu tidak dilarang. Tetapi untuk orang diabetes, cermatlah memilih makanan yang manis," katanya.

Dr. Bhanu menyarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki angka indeks glikemik (glycemic index/GI) yang rendah. yang rendah.

Glycemic index sendiri merupakan angka yang dapat memberikan gambaran tentang seberapa cepat suatu makanan bisa menjadi glukosa dalam tubuh, dikutip dari WebMD. Semakin kecil angka indeksnya, semakin sedikit juga dampak makanan pada gula darah.

"Jenis makanan low gi berguna untuk berbuka, apalagi untuk sahur. Kenyangnya jadi lebih lama, enggak cepat lapar," ujar Bhanu.

Contoh makanan yang mengandung indeks glikemik rendah adalah beras merah, roti gandum, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

"Jadi lebih lama (makanan) duduk di perutnya. Lebih lama diserap pelan-pelan. Jadi kita survive hingga buka puasa, aman," tandas Bhanu.

Reporter: Dara Elisabeth
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini