Amankah Konsumsi Parasetamol dan Ibuprofen untuk Penderita Diabetes?

Jumat, 27 November 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Amankah Konsumsi Parasetamol dan Ibuprofen untuk Penderita Diabetes? Ilustrasi minum obat. Shutterstock/Brian A Jackson

Merdeka.com - Demam merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Walau begitu, banyak yang bertanya-tanya, bagi penderita diabetes, apakah pemberian obat seperti ibuprofen dan parasetamol bisa dilakukan?

"Secara umum dan jangka pendek obat panas seperti ibuprofen dan parasetamol aman untuk DM (diabetes melitus), tidak berpengaruh pada kadar gula darah," ujar Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), Prof. DR dr. Ketut Suastika beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Namun, penggunaan obat jenis steroid yakni dengan efek anti-inflamasi yang kuat bisa meningkatkan kadar gula darah. Oleh karena itu, hal ini perlu diwaspadai dan perlu berkonsultasi ke dokter.

Laman WebMD mencatat, sejumlah obat bebas untuk mengatasi gejala demam bisa mempengaruhi kadar gula darah, antara lain ibuprofen yang bisa meningkatkan efek hipoglikemik insulin, dekongestan seperti phenylephrine dan pseudoephedrine serta aspirin dalam dosis besar. Di sisi lain, ada waktu konsumsi obat parasetamol yang dianjurkan bagi mereka yang meminum obat lixisenatide (khusus untuk penyandang diabetes tipe-2).

Baca Selanjutnya: Penderita Diabetes Diharap Lebih Jaga...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fakta Kesehatan
  3. Penyakit Diabetes
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini