7 Kondisi yang Bisa Membuatmu Bersin Tak Henti

Sabtu, 21 Mei 2022 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Kondisi yang Bisa Membuatmu Bersin Tak Henti Ilustrasi Bersin. ©CDC's Public Health Image Library

Merdeka.com - Pada masa pandemi seperti saat ini, munculnya bersin bisa menimbulkan ketakutan bagi banyak orang. Hal ini terutama ketika bersin terjadi seara kencang dan berkali-kali.

Normalnya, bersin akan sering muncul ketika kamu sedang pilek atau flu. Namun ada kalanya kamu sering bersin secara terus-menerus selama lebih dari satu menit. Tentu saja bersin ini begitu mengganggu dan bisa menimbulkan ketakutan.

Mulai dari penyakit hingga hal yang kamu konsumsi bisa jadi penyebab masalah ini. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah penyebab terjadinya bersin tak berhenti.

Alergi

Saat kamu alergi terhadap zat tertentu seperti serbuk sari, bulu kucing, atau debu lalu kamu berada di dekat zat penyebab alergi maka kamu akan langsung bersin tanpa henti.

2 dari 3 halaman

Penyakit yang Bisa Menyebabkan Bersin

bisa menyebabkan bersin rev2

Sinusitis

Sinusitis atau radang dalam selaput lendir juga bisa menjadi penyebab dari bersin yang tak kunjung henti. Sebabnya sinusitis membuat rongga hidung meradang, terinfeksi, dan penuh dengan lendir yang kemudian jadi penyebab bersin.

Polip Hidung

Munculnya polip hidung tak hanya menghambat pernapasan saja. Hal ini juga bisa membuatmu bersin secara konstan dan berkali-kali.

Obat

Konsumsi obat-obatan tertentu bisa memicu reaksi alergi pada diri seseorang. Hal ini kemudian bisa membuatmu sering bersin dan terjadi tak berhenti.

3 dari 3 halaman

Faktor Lain yang Bisa Menjadi Penyebab

yang bisa menjadi penyebab rev2

Mencium Aroma Parfum

Beberapa orang bisa jadi sangat sensitif dengan aroma parfum yang kuat. Ketika mereka menciumnya, mereka akan mulai bersin karena rongga hidung mereka meradang.

Polusi

Jika kamu terus-menerus menghirup asap dan polusi udara, rongga hidung bisa mengalami iritasi. Lebih lanjut, hal ini bisa membuat seseorang bersin berkali-kali secara konstan.

Paparan Sinar Matahari

Meskipun termasuk kasus kesehatan yang langka, namun beberapa orang bisa mengalami bersin secara konstan ketika menghabiskan waktu terlalu banyak di bawah sinar matahari akibat reaksi negatif dari sinar UV.

Terjadinya bersin berkali-kali secara konstan ini bisa sangat membantu. Mengetahui mana masalah yang kamu alami serta faktor penyebabnya bisa sangat membantu dalam mencari jalan keluarnya. [RWP]

Baca juga:
Pengaruh Mengonsumsi Thai Tea Bagi Kesehatan Tubuh
Pentingnya Peran Keluarga dalam Pencegahan Munculnya Perokok Usia Dini

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fakta Kesehatan
  3. Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini