7 Fakta mengejutkan tentang otak manusia yang belum kamu tahu

Selasa, 7 Februari 2017 00:36 Reporter : Yoga Tri Priyanto
7 Fakta mengejutkan tentang otak manusia yang belum kamu tahu Fakta otak. © boldsky.com

Merdeka.com - Pikiran manusia adalah sebuah misteri. Banyak ilmuwan yang meneliti tentang cara kerja pikiran manusia. Belum juga mengetahui tentang banyak hal, para ilmuwan justru lebih dulu terpesona dengan bagaimana otak merangsang pikiran manusia.

Seluruh tubuh manusia pada dasarnya dikontrol oleh otak. Bahkan hanya jika otak bekerja, manusia bisa mengingat siapa diri Anda dan identitas Anda. Belum lagi multitasking yang sering dilakukan otak. Bukankah itu hal yang sangat menarik?

Nah, sekarang merdeka.com akan mengupas tentang fakta-fakta mengejutkan dari otak yang belum diketahui oleh kebanyakan orang. Apa saja? Check it out!

1 dari 7 halaman

Fakta pertama

Fakta otak. © boldsky.com

Anda tentu pernah terbangun dari tidur namun And atidak bisa menggerakkan tangan atau kaki. Seakan semua lemah dan tak berdaya. Beberapa orang menyebutnya dengan tindihan yang disebabkan oleh ulah makhluk gaib. Faktanya itu semua salah.

Fenomena ini menurut ilmiah disebut sebagai Sleep Paralysis, atau kelumpuhan tidur. Ini adalah kondisi yang mana otak masih belum keluar dari mode tidur. Dalam kesempatan langka ini, otak akan rusak sementara dan bisa kembali normal dalam beberapa saat.

2 dari 7 halaman

Fakta kedua

Fakta otak. © boldsky.com

Fakta kedua adalah tentang rasional dan emosional. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa pacar Anda terlalu emosional dan dia mungkin juga akan bertanya mengapa Anda tidak punya hati alias peka. Ini bisa dibaca pula secara ilmiah.

Alasannya adalah mayoritas wanita dilahirkan dengan sistem limbik yang lebih besar di otak. Sistem limbik merupakan 'in-charge of emotions'. Sedangkan pria terlahir dengan 'inferor-partial lobe yang lebih besar sehingga membuat para pria mampu berpikir secara rasional.

3 dari 7 halaman

Fakta ketiga

Fakta otak. © boldsky.com

Berbicara tentang bagaimana otak memproses data, ini ada yang menarik. Pria pada umumnya menggunakan otak kiri mereak untuk memproses informasi. Sementara itu, wanita menggunakan kedua sisi kanan dan kiri ketiak memproses sebuah data.

Mungkin ini juga sebabnya mengapa wanita selalu lebih ribet dengan segala pertimbangan yang terkadang tidak penting. Sedangkan pria langsung to the point. Bisa jadi.

4 dari 7 halaman

Fakta keempat

Fakta otak. © boldsky.com

Ketika Anda menghirup oksigen, maka secara otomatis Anda akan membawa oksigen ke dalam sistem Anda. Dan hampir 20 persen dari itu digunakan oleh otak.

5 dari 7 halaman

Fakta kelima

Fakta otak. © boldsky.com

Otak Anda sebenarnya memiliki tiga bagian yang berbeda. Otak belakang mengontrol indera dan koordinasi, otak tengah mengontrol kesadaran dan refleks, sementara otak depan mengontrol rasa, pikiran, emosi, fungsi motorik, dan kelaparan juga. Setiap cedera pada bagian ini dapat mengganggu fungsi otak secara drastis. bahkan mungkin menyebabkan kematian!

6 dari 7 halaman

Fakta keenam

Fakta otak. © boldsky.com

Sebuah studi mengklaim bahwa anak-anak yang belajar bahasa lebih dari satu sebelum tahun kelima usianya, maka dia akan cenderung lebih peduli dan gampang untuk mengajarkan bahasa kepada anak kecil saat dia sudah dewasa.

7 dari 7 halaman

Fakta ketujuh

Fakta otak. © boldsky.com

Seperti yang kita tahu, otak manusia terdiri dari otak kanan dan otak kiri. Pikiran Anda yang kreatif akan datang dari otak di sisi kanan, sementara pikiran analisis Anda akan datang dari sisi kiri.

So, jika Anda kurang memiliki kemampuan berhitung alias kurang dalam hal matematika, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, Anda justru akan menonjol di bidang seni kreatif. jangan berkecil hati.

  [ega]

Baca juga:
Waspada, 3 racun berbahaya ini ada di alat masak yang kamu pakai
Selain bikin tenang, ini manfaat sehat lain dari meditasi

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini