6 Hal yang Bisa Menyebabkan Mata Mengalami Kedutan

Minggu, 27 Januari 2019 00:31 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Hal yang Bisa Menyebabkan Mata Mengalami Kedutan Ilustrasi mata. ©2012 Shutterstock/Nejron Photo

Merdeka.com - Ketika sedang serius bekerja di depan komputer, pernahkah tiba-tiba ujung matamu berkedut secara tiba-tiba? Kondisi yang biasa disebut sebagai kedutan ini sebenarnya bukan hal yang aneh bagi banyak orang.

Dilansir dari Women's Health Mag, Hannah Yecheskel dokter mata dari Washington DC menjelaskan bahwa kedutan pada mata disebabkan karena kejang pada bagian saraf karena otot mata dalam kondisi stres.

"Kelopak mata sendiri sangat halus sehingga bagian ototnya sangat rentan terhadap berbagai efek berbeda," jelas pakar bedah mata, Brian Boxer Wachler, M.D.

Umumnya kedutan ini bakal hilang dengan sendirinya, namun jika kedutan ini tak kunjung hilang maka ada yang tak beres pada kebiasaanmu sehari-hari. Berikut enam hal umum yang menyebabkan mata tak berhenti kedutan.

1. Konsumsi kafein terlalu banyak

Kebiasaan minum teh dan kopi secara berlebihan dapat menimbulkan kedutan pada mata. Stimulan dari kafein dapat meningkatkan detak jantung dan metabolisme sehingga otot bekerja dan dapat menyebabkan kedutan pada mata.

2. Stres

Kondisi stres dapat mempengaruhi tubuh seseorang dalam berbagai cara termasuk berupa kedutan.

"Itu (kedutan) merupakan tanda bahwa sesuatu terlalu berat untuk tubuhmu atasi," jelas Hannah Yecheskel.

Oleh karena itu, kedutan yang kamu alami bisa jadi karena stres yang membebanimu. Cara menangani hal ini adalah dengan mencari akar stres tersebut dan segera menyelesaikannya.

3. Alergi

Saat tubuh mengalami alergi, maka sejumlah histamin dilepas pada tubuh yang menyebabkan berbagai macam reaksi. Salah satu reaksi paling umum yang terjadi adalah kedutan pada mata atau munculnya rasa gatal. Untuk mengobati kedutan karena penyebab ini, maka cara yang digunakan adalah dengan mengonsumsi obat anti alergi.

4. Kurang Tidur

Mengingat kelopak mata merupakan salah satu otot paling halus pada tubuh, maka sedikit masalah dapat menyebabkan kedutan ini. Masalah yang dimaksud ini adalah kurangnya mata terpejam atau kurang tidur.

Ketika hal ini terjadi, mata akan terus merasa lelah sehingga terjadi kedutan. Cara untuk menghilangkan masalah kedutan ini adalah segera ambil bantalmu dan tutup mata hingga rasa kantuk hilang.

5. Saatnya Ganti Kacamata

Jika kamu mengalami kedutan ketika membaca buku atau memandang layar komputer, maka bisa berarti sudah waktunya mengganti kacamatamu. Hal ini terjadi karena kedutan ini diperkirakan terjadi karena otot mata berusaha sangat keras untuk tetap fokus.

6. Tumor

Kedutan sebagai pertanda tumor ini sangat jarang namun mungkin saja terjadi. Jika diketahui bahwa lima hal di atas tadi bukan merupakan penyebab kedutan yang kamu alami, maka kamu perlu segera ke dokter untuk memeriksakan kondisimu.

Itulah enam hal yang salah satunya mungkin menjadi penyebab dari kedutan yang kamu alami. Selalu perhatikan kesehatan matamu agar aktivitasmu sehari-hari tidak terganggu. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini