6 Gangguan kesehatan ini umum didera mereka yang jadi pekerja kantoran

Sabtu, 2 September 2017 04:18 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
6 Gangguan kesehatan ini umum didera mereka yang jadi pekerja kantoran Ilustrasi pekerja kantoran. Shutterstock/szefei

Merdeka.com - Menjadi pekerja kantoran berarti kamu menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk menghadap komputer dengan pose yang sama. Rasa lelah dan kram jelas muncul jika kamu melakukannya, apalagi bagi kamu yang sudah jadi pekerja kantoran selama bertahun-tahun.

Meski tak terlihat, namun jadi pekerja kantoran mampu menurunkan kesehatanmu secara diam-diam. Biasanya para pekerja kantoran akan menderita obesitas dan berakhir dengan penyakit jantung. Sebelum ancaman penyakit mengerikan itu datang, berikut adalah gangguan kesehatan yang mengancam pekerja kantoran di awal.

1 dari 6 halaman

Nyeri kaki

Ilustrasi nyeri kaki. Shutterstock/Poprotskiy Alexey

Duduk berjam-jam mampu membuat kaki jadi nyeri. Sebabnya pose ini akan menghambat sirkulasi darah, meremas pembuluh darah di kaki, serta menyebabkan ketidaknyamanan dalam bentuk mati rasa.

Menjaga agar kakimu tetap lurus adalah tip termudah agar kamu terhindar dari nyeri kaki akibat duduk di depan komputer sepanjang hari.

2 dari 6 halaman

Nyeri punggung

ilustrasi nyeri punggung. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Image Point Fr

Selain nyeri kaki, nyeri punggung juga sering mendera pekerja kantoran. Tak hanya karena pose duduk yang sama selama berjam-jam, kurang minum juga mampu membuat punggung pegal. Untuk itu duduklah dengan pose senyaman mungkin, bila perlu taruh bantal di belakang punggungmu. Serta jangan lupa untuk selalu minum air 8 gelas per hari.

3 dari 6 halaman

Kram di tangan

Ilustrasi tangan. © The Huffington Post/Getty Images

Saat bekerja dengan menggunakan komputer, tangan berada dalam tekanan yang konstan. Posisi dan tekanan yang sama ini mampu membuat otot tangan jadi kram. Tak jarang muncul rasa mati rasa pula.

4 dari 6 halaman

Sakit leher

Ilustrasi sakit leher. ©Shutterstock/12_Tribes

Berjam-jam menatap komputer dengan duduk tegak, akan menciptakan tekanan di leher dan berujung pada sakit leher. Selain itu beban ini juga bisa menyebabkan munculnya hernia atau benjolan di leher. Sebaiknya ambil waktu untuk beristirahat selama beberapa waktu demi menghindari sakit leher tersebut.

5 dari 6 halaman

Mata lelah

Ilustrasi mata. Shutterstock/aslysun

Bekerja dengan menatap komputer juga mengakibatkan efek buruk di mata. Penglihatan jadi kabur, mata kering, mata merah, hingga sakit kepala.

Gangguan ini sendiri muncul karena saat menatap komputer, kamu jarang untuk berkedip. Padahal berkedip adalah cara alami mata untuk melumasi bola mata. Selain itu kamu juga bisa menggunakan kacamata khusus yang bisa melindungi mata dari cahaya komputer yang membahayakan.

6 dari 6 halaman

Kelelahan

ilustrasi ngantuk. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/HalfbottleSansri

Para pekerja kantoran cenderung menjalankan gaya hidup yang tidak sehat seperti makan ngawur atau pola makan yang tidak teratur. Akibatnya terjadi penumpukan kolesterol di dinding bagian dalam otot. Aliran darah jadi tak lancar sehingga menyebabkan rasa lelah di kaki, kaki bengkak, hingga naiknya tekanan darah.

Untuk mengatasi kelelahan ini, sebaiknya kamu lakukan gerakan ringan seperti berjalan kaki sesekali.

Demi meminimalisir efek buruk di atas, selalu terapkan pola hidup sehat. Pola hidup tak beraturan, merokok, atau banyak konsumsi junk food justru semakin mempercepat timbulnya penyakit berbahaya. [feb]

Baca juga:
Satu lagi gejala kanker payudara yang sering diabaikan wanita
Suka ngidam makanan tertentu tanda tubuh lagi tak sehat
Ini dia penyakit yang akan menyerang para generasi milenial

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini