5 Hal yang Bisa Menyebabkan Seseorang Tidak Merasa Lapar Sama Sekali

Rabu, 15 Juli 2020 11:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Hal yang Bisa Menyebabkan Seseorang Tidak Merasa Lapar Sama Sekali ilustrasi nafsu makan. www.huffingtonpost.com

Merdeka.com - Rasa lapar merupakan suatu hal yang alami terjadi pada seseorang. Munculnya hal ini disebabkan ketika tubuh sudah kehilangan bahan bakar.

Ketika tubuh kekurangan bahan bakar, rasa lapar dan selera makan ini bakal muncul. Walau begitu, bukan hanya hal ini saja yang bisa memicu rasa lapar.

Faktor lain seperti gula darah menurun serta meningkatnya hormon lapar juga bisa menyebabkan munculnya rasa lapar ini. Di otak, rasa lapar dan selera makan ini diatur oleh hypothalamus.

Pada kondisi tertentu, seseorang bisa mengalami kondisi tidak lapar sama sekali. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah hal yang bisa menyebabkan kamu tidak mengalami rasa lapar sama sekali.

1 dari 6 halaman

Cemas

Ketika kamu sedang cemas, tubuh bakal merespons dengan melepaskan hormon yang memperlambat pencernaan dan selera makan. Ketika kamu memiliki gangguan kecemasan, mungkin juga muncul gejala lain seperti mual yang mempengaruhi selera makan.

2 dari 6 halaman

Depresi

Depresi bisa menyebabkan hilangnya rasa lapar dalam jangka waktu lama. Penelitian mengungkap bahwa depresi mempengaruhi bagian tertentu pada otak yang memonitor kondisi psikologis tubuh, termasuk rasa lapar dan selera makan.

3 dari 6 halaman

Stres

Stres bisa menyebabkan rasa mual dan masalah pencernaan yang berdampak buruk pada selera makan. Jenis stres yang dialami bisa berdampak langsung pada selera makan ini. Stres akut yang dialami seseorang bisa memiliki hubungan langsung dan seketika pada nafsu makan.

4 dari 6 halaman

Kehamilan

Kehamilan biasanya berpengaruh pada menurunnya rasa lapar serta ketidaksukaan pada makan tertentu. Mual dan heartburn pada saat kehamilan juga membuat seseorang menjadi cukup kesulitan untuk merasakan lapar.

5 dari 6 halaman

Penyakit Tertentu

Penyakit seperti flu atau gangguan di pencernaan bisa menyebabkan hilangnya selera makan. Penyakit pernapasan juga menyumbat penciuman sehingga nafsu makan menurun. Penyakit ini biasanya juga disertai dengan gejala seperti mual yang berdampak langsung pada selera makan.

 

6 dari 6 halaman

Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

obatan tertentu

Hilangnya nafsu makan merupakan salah satu efek samping dari beberapa jenis obat termasuk antibiotik, antihipertensi, serta sedatif. Hal ini biasanya disertai efek samping berupa kelelahan dan mual. Radiasi serta kemoterapi yang digunakan untuk mengobati kanker juga bisa berdampak menekan nafsu makan.

Sejumlah hal tersebut bisa menjadi penyebab menurunnya nafsu makan serta rasa lapar. Ketika masalah ini terjadi dalam jangka waktu cukup lama, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter guna mengatasinya. [RWP]

Baca juga:
Ini Cara Berkumur yang Mampu Bantu Meredakan Sakit Tenggorokan
Isolasi Mandiri COVID-19 Disebut Bakal Sulit Diterapkan pada Setiap Rumah
Begini Saran Dokter untuk Pasien Penyakit Tidak Menular di Masa Pandemi
Ketahui 5 Cara Agar Tetap Aman Bersepeda di Tengah Pandemi COVID-19

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fakta Kesehatan
  3. Tips Sehat
  4. Lapar
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini