4 Nutrisi Penting yang Bisa Bantu Cegah Munculnya Pneumonia

Selasa, 8 Januari 2019 16:06 Reporter : Rizky Wahyu Permana
4 Nutrisi Penting yang Bisa Bantu Cegah Munculnya Pneumonia ilustrasi batuk. ©www.safebee.com

Merdeka.com - Paru-paru basah atau pneumonia merupakan salah satu penyakit infeksi paru-paru yang membahayakan. Penyakit satu ini bakal sangat berbahaya ketika udara dingin.

Masalah infeksi pada saluran pernapasan ini mampu menyebabkan inflamasi di paru-paru sehingga bisa membuat mengalami sesak napas. Pneumonia juga masuk dalam golongan penyakit yang menular.

Mengingat berbahaya-nya penyakit yang satu ini, perlu dilakukan berbagai upaya dalam mencegah infeksi satu ini. Selain dengan menjaga paru-paru agar tak terpapar hawa dingin, sejumlah nutrisi berikut bisa bantu kamu terhindar dari penyakit ini.

Vitamin E

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Immunology, vitamin E memiliki potensi besar untuk melindungi tubuh dari infeksi bakteri seperti pneumonia. Konsumsi makanan tinggi vitamin E juga bisa meningkatkan sel kekebalan tubuh.

Protein

Protein juga menjadi nutrisi yang bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan pneumonia.

Vitamin C

Sudah bukan rahasia lagi bahwa makanan tinggi vitamin C akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko infeksi bakteri. Beberapa contoh dari makanan tinggi vitamin C adalah jeruk, bawang putih, brokoli, atau capsicum.

Seng

Beberapa penelitian melaporkan bahwa peningkatkan konsumsi seng bisa mengurangi risiko pneumonia pada anak-anak. Konsumsi suplemen ini sebanyak 70 mg per minggu juga bisa mencegah infeksi saluran pernapasan akut.

Sejumlah nutrisi penting ini dapat membantu tubuhmu mencegah munculnya pneumonia. Jangan lupa bekali tubuhmu dengan nutrisi penting agar selalu sehat. [RWP]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini