10 Cara Melancarkan Haid yang Terlambat

Selasa, 26 September 2017 20:56 Reporter : Bethari Taya, Rizky Wahyu Permana
10 Cara Melancarkan Haid yang Terlambat Ilustrasi sakit haid. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Alliance

Merdeka.com - haid, datang bulan, menstruasi, tamu bulanan, atau apapun sebutannya adalah keadaan yang pasti dirasakan dan dijalani oleh perempuan, mulai akil balik hingga umur 40an-50an. Hal tersebut merupakan keadaan rutin dalam proses perkembangan pada perempuan.

Perempuan mengalami pendarahan dari vagina selama kira-kira 2-7 hari. Namun ada juga yang lebih dari itu. Hal ini terjadi setidaknya sekali dalam sebulan.

Siklus haid yang normal umumnya adalah 28-35 hari. Tapi nyatanya hal ini tidak terjadi pada semua perempuan. Ada yang mengalami haid tidak lancar. Kadang tidak rutin sekali dalam sebulan, bisa saja sekali dalam dua bulan atau tiga bulan. Haid yang datang terlambat atau tidak teratur ini tidak selalu mengindikasi bahwa perempuan tersebut hamil.

Bermacam-macam penyebab atau alasan bisa terjadi sehingga perempuan memiliki haid yang tidak teratur. Seperti stress berkepanjangan, efek samping obat-obatan, dan masih banyak lagi. Lengkapnya di bawah ini.

Penyebab haid tidak lancar :

  • Stress

Salah satu bagian otak yaitu hypothalamus sangat terpengaruh oles stress. Hypothalamus merupakan hormon yang mengatur periode haid. Maka dari itu ketika Anda mengalami stres maka tentu saja akan memberikan dampak pada kelancaran haid Anda.

  • Penyakit

Haid yang tidak lancar dan tidak teratur bisa saja disebabkan oleh penyakit seperti jamur. Bisa saja karena jarang haid malah mengakibatkan tumor.

Anda dalam program diet atau berat badan turun dengan drastis? Hal ini bisa memberikan dampak pada jadwal haid Anda. Hati-hati, Anda bisa saja terkena anoreksia atau bulimia.

  • Tiroid

Penyebab haid tidak lancar bisa juga disebabkan karena adanya gangguan pada kelenjar tiroid Anda. Kelenjar tiroid yang terdapat pada leher, mengatur metabolisme tubuh Anda. Kelenjar ini penting karena juga berinteraksi dengan banyak sistem tubuh yang lain agar berjalan dengan semestinya. Tetap, ketika terjadi ketidakseimbangan pada kelenjar tiroid, maka hal ini dapat berpengaruh pada jadwal haid.

  • Hormon tidak seimbang

Hormon yang tidak stabil atau seimbang juga dapat menjadi penyebab haid tidak lancar. Tentu saja hal ini dikarenakan haid merupakan hasil kerjasama antara otak, kandung telur, kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid. Bila salah satu komponen tersebut tidak beres, maka jadwal haid akan terganggu.

Untuk mengatasi haid yang tidak lancar ini, ada cara melancarkan haid yang bisa Anda coba agar haid lancar atau kembali lancar. Hal ini berguna bagi Anda yang haidnya terlambat 2 bulan hingga 4 bulan atau lebih.

Baca Selanjutnya: Cara Melancarkan Haid...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini