Tips hadirkan nuansa alam di rumah dengan water wall

Sabtu, 19 Mei 2018 08:00 Reporter : Wuri
Tips hadirkan nuansa alam di rumah dengan water wall Tips hadirkan nuansa alam di rumah dengan water wall. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Rumah punya potensi besar untuk dikembangkan oleh pemiliknya. Seminim apa pun sudut rumah, dengan kreativitas bisa diubah agar suasana tempat tinggal jadi lebih nyaman dan teduh.

Salah satu yang lagi trending saat ini adalah menciptakan water wall di rumah. Water wall menjadi solusi ketika kolam atau pancuran air sudah tidak mungkin lagi ditempatkan di salah satu sudut rumah. Selain menghadirkan dekorasi indah dan suasana yang lebih segar, gemericik air dari water wall juga merupakan terapi yang menenangkan jiwa.

Namun sebelum membuat water wall ketahui dulu beberapa hal penting di bawah ini.

Tema Selaras dengan Konsep Rumah

Agar water wall bisa sesuai dengan keinginan, pertimbangkan dulu untuk menentukan tema dinding air yang tepat. Pastikan tema tersebut selaras dengan desain rumah supaya hasilnya juga menambah nilai positif, bukan sebaliknya, bertabrakan dengan konsep yang sudah ada.

Lokasi Water Wall Terbaik

Di mana tempat terbaik untuk menempatkan dinding air? Lokasi water wall paling bagus adalah yang bisa terlihat dari dalam rumah. Jadi ada baiknya memilih dinding yang posisinya menghadap rumah.

Efek Air dan Dampak Water Wall

Ada beberapa macam efek air yang bisa dibuat dengan water wall, seperti air mengalir, air mancur, atau air terjun. Semakin deras air yang dikucurkan, semakin banyak pula debit air yang diperlukan. Selain itu, diperlukan juga penampungan air yang lebih besar.

Pondasi

Dinding air juga memerlukan pondasi sebagai penguat bangunannya. Untuk pondasi yang tepat, disarankan menggunakan ukuran 40 cm dengan kedalaman 40 cm.

Pelapis Dinding

Jangan lupa untuk melapisi bebatuan atau cat pada dinding air dengan coating. Tujuannya supaya tidak ada jamur dan lumut yang tumbuh di sana.

Hiasi Agar Semakin Indah

Agar water wall makin cantik, berikan tambahan hardscape dan softscape. Hardscape adalah aksesori dengan permukaan keras, seperti bebatuan alam, guci, dan lain sebagainya. Sementara softscape merupakan hiasan berupa tumbuhan, seperti anthurium, melati air, atau sirih belanda.

Sistem Pengairan yang Baik

Tidak bisa dipungkiri bahwa water wall membutuhkan sistem pipa yang baik agar air terus mengalir dengan lancar, tanpa gangguan. Percayakan sistem perpipaan pada Rucika yang menyediakan pipa PVC maupun pipa HDPE berkualitas di Indoesia.

RUCIKA Standard dapat menjadi alternatif untuk instalasi air bersih dan buangan di rumah. Terbuat dari material terbaik uPVC (unplastized Polyvinyl Chloride), pipa air ini lebih tahan korosi, bebas timbal, kuat dan ringan. Harga pipa yang ekonomis, serta banyak toko yang jual pipa PVC ini sehingga mudah didapatkan di mana saja. Intip info selengkapnya tentang Rucika di sini.

Jadikan Rucika sebagai salah satu elemen yang mempercantik water wall di rumah Anda. [wri]

Topik berita Terkait:
  1. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini