Yakin unggul di Pilgub Jateng, Sudirman Said khawatir politik sembako

Senin, 28 Mei 2018 04:06 Reporter : Dian Ade Permana
Yakin unggul di Pilgub Jateng, Sudirman Said khawatir politik sembako Sudirman Said. ©2018 Merdeka.com/Dian Ade

Merdeka.com - Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah optimistis akan memenangkan Pilgub Jateng 2018. Indikatornya adalah rilis dari berbagai lembaga survei yang sudah mempublikasikan hasilnya.

Sudirman mengatakan, sejak Litbang Kompas mengumumkan hasil pada Maret 2018, perolehan suara Ganjar Pranowo-Taj Yasin terus turun seiring kerja politik pasangan Sudirman-Ida.

"Yang naik tidak akan bisa dibendung, yang turun akan terus turun," jelasnya di Grand Candi Hotel, Minggu (27/5).

Pada survei Kompas, Ganjar-Yasin mendapat 79% dan Sudirman-Ida 11,8%. Kemudian survei LSI Denny JA mengunggulkan Ganjar-Yasin dengan 50% dan Sudirman-Ida hanya 10,5%. Sementara Alvara merilis Ganjar-Yasin 58% dan Sudirman-Ida 11%. Dan survei Indikator menempatkan Ganjar-Yasin 72% dan Sudirman-Ida, 21%.

"Yang harus dicermati adalah dari hari ke hari, kami semakin naik dan suara mengambang atau belum menentukan pilihan juga tinggi. Ini bukti masyarakat Jawa Tengah mulai menimbang-nimbang calon yang terbaik serta tidak puas dengan petahana," tegas mantan Menteri ESDM ini.

Sudirman menyatakan seluruh partai pengusung, yakni Gerindra, PKS, PAN, dan PKB sangat solid. "Struktur partai, kekuatan relawan, serta dukungan dari potensi kultural sudah bekerja. Sebulan yang tersisa akan kita maksimalkan," paparnya.

Meski begitu, Sudirman mengkhawatirkan serangan dari kubu sebelah. Yakni politik sembako serta tekanan yang dilakukan kepala daerah kepada aparatur.

"Kita antisipasi itu dengan menyiapkan tim advokasi," tegasnya.

Sementara Sekretaris DPD Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro tidak mempersalahkan posisi underdog yang disematkan lembaga survei kepada Sudirman-Ida. "Fakta di lapangan, jarak semakin tipis, sekarang sudah di bawah dua digit. Sebulan akan dimaksimalkan," ucapnya. [fik]

Baca juga:
Ganjar nilai Sudirman Said - Ida Fauziyah hanya beri perlawanan di lima daerah
KPU Solo mulai lipat surat suara Pilgub Jateng
Sekjen PKB sebut pembangunan Jateng di bawah Ganjar tak signifikan
Puas kinerja Jokowi, pemilih Jateng dukung Ganjar-Yasin
Survei Indikator: Kasus e-KTP tak pengaruhi elektabilitas Ganjar di Pilgub Jateng
Sudirman Said

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini