Utut Adianto: Saya Sarankan Puan Maharani Konsentrasi sebagai Ketua DPR

Rabu, 9 Juni 2021 14:32 Reporter : Ahda Bayhaqi
Utut Adianto: Saya Sarankan Puan Maharani Konsentrasi sebagai Ketua DPR Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Utut Adianto. ©2021 Merdeka.com/Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Utut Adianto meminta Ketua DPR Puan Maharani fokus bekerja sebagai Ketua DPR. Ketimbang sudah mulai menyiapkan diri sebagai calon presiden 2024.

"Kepada mbak (Puan) saya sarankan berkonsentrasi sebagai ketua DPR," kata Utut di DPR, Rabu (9/6).

Menurut Utut, boleh saja Puan sudah mulai berkeliling dianggap mengenalkan diri sebagai capres saat kunjungan kerja di daerah. Namun, ia mengatakan siapa yang akan diusung menunggu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Kalau sembari kunjungan kerja dianggap orang mengenalkan diri boleh saja. Tetapi yang saya tahu itu kunjungan kerja dengan agenda yang jelas. Kalau di sana kemudian disambut bak calon presiden itu kan daerahnya. Kita kan patokannya nanti ibu ketua umum siapa yang dicalonkan," kata Utut.

Oleh sebab itu, dia meminta para bakal calon yang potensial maju di Pemilu 2024 fokus untuk bekerja terlebih dahulu.

"Kalau saran saya semua konsentrasi kepada pekerjaan masing-masing kalau pekerjaan masing-masing baik otomatis seperti itu," sambungnya.

ganjar dan puan
©2021 Merdeka.com

Lebih lanjut, Utut juga menyinggung gubernur dan menteri koordinator yang sudah melakukan persiapan Pilpres jauh-jauh hari. Ia bilang, tidak perlu 'mematut' diri. Sebab masyarakat akan dinilai dari pekerjaan dan prestasinya.

"Jadi orang bekerja sebaik-baiknya dan penilaian itu dari masyarakat atas pekerjaannya bukan mematut-matut dirinya. Nah nilai pekerjaan jelas kompetensi prestasi, ukurannya jelas," katanya.

"Enggak bisa dong kamu orang sipil 3,5 tahun sudah matut-matur bikin tim sukses bikin ini, pekerjaan kamu apa konsentrasi gubernur ya. Konsentrasi gubernur, pekerjaan saya menko, konsentrasi sebagai menko. Itu yang benar ya enggak?" ucap Ketua Fraksi PDIP DPR RI ini.

Saat ditegaskan apakah gubernur yang dimaksud itu Ganjar Pranowo, Utut menjawab normatif. "Ya enggak maksud saya begitu," katanya.

Seperti diketahui, hubungan Puan Maharani dan Ganjar Pranowo panas. Keduanya menjadi dua tokoh kuat yang bakal maju sebagai calon presiden dari PDIP di Pemilu 2024.

Ganjar bahkan sempat tak diundang dalam acara konsolidasi PDIP di Jawa Tengah. Menurut Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang ‘Pacul’ Wuryanto, Ganjar tak diundang karena terlalu berambisi maju capres. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini