Timses Jokowi-Ma'ruf kritik Program Emas yang dicanangkan Prabowo-Sandiaga

Selasa, 23 Oktober 2018 09:17 Reporter : Dedi Rahmadi
Timses Jokowi-Ma'ruf kritik Program Emas yang dicanangkan Prabowo-Sandiaga Andi Saiful Haq. ©2016 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Andi Saiful Haq, Tim Pemenangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin menilai program Generasi Emas atau Gerakan Emak-Emak dan Bayi Minum Susu yang diusung Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno karena maraknya kasus bayi stunting, kurang tepat. Sebab, kata dia, minum ASI (Air Susu Ibu) lebih sehat untuk 'pondasi' kesehatan bayi dan sebagai pencegahan bayi stunting.

"Jadi Ibu-ibu sebaiknya mendahulukan program pemberian ASI eksklusif sebelum berpikir untuk memberi susu kemasan. Untuk bayi stunting sejak 2013 angka tersebut jauh menurun, dari 37 persen menjadi 30,5 persen di tahun 2018," kata dia, Selasa (23/10).

"Minum susu itu penting, namun kita negara maritim yang kaya sumber protein. Selain Susu yang harganya mahal juga punya potensi intoleransi laktosa berupa alergi pada bayi dan orang tertentu, kita punya ikan yang kandungan protein dan omeganya melebihi kandungan pada susu. Selain itu gerakan makan ikan juga harus didorong, seperti kata penyanyi Bimbo Laut dan jala cukup menghidupimu," tambah dia.

Andi Saiful Haq tak menyangkal jika masih ada kasus bayi kekurangan gizi. Dia menegaskan pemerintah Jokowi terus memenuhi kebutuhan untuk memperbaiki gizi bayi seperti memberikan program nutrisi tambahan secara nasional.

"Tapi persoalan ini lebih banyak karena persoalan akses terhadap sarana kesehatan. Juga karena soal pengetahuan orangtua terhadap tanda-tanda bayi kekurangan gizi mempengaruhi pencegahan tersebut," tutur dia.

"Karenanya pemerintahan Jokowi terus bekerja membuka wilayah-wilayah yang sulit diakses, membuka akses kepada sarana prasarana kesehatan, mendorong tenaga kesehatan untuk bertugas di daerah terpencil sambil terus menunjukkan keberpihakan dengan menaikkan anggaran untuk perlindungan sosial, kesehatan dan pendidikan," tambah caleg DPR RI Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dari Dapil Sulawesi Selatan I itu. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini