Surat Suara Diteken Ayah Ketua KPPS, Pencoblosan Ulang Digelar di Tegal dan Jepara

Sabtu, 20 April 2019 17:05 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Surat Suara Diteken Ayah Ketua KPPS, Pencoblosan Ulang Digelar di Tegal dan Jepara Penghitungan suara di TPS 079 Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa. ©Liputan6.com/Immanuel Antonius

Merdeka.com - Pemungutan suara ulang (PSU) dilaksanakan di Kabupaten Tegal, dan Jepara, Sabtu (20/4). PSU dilakukan dikarenakan ditemukan pelanggaran saat pelaksanaan pencoblosan 17 April lalu.

"Hari ini di Tegal Dukuhwringin, dan Dukuh Blubuk dilakukan PSU karena adanya pemilih dari luar yang mencoblos di dua TPS. Sedangkan untuk tempat lain di Welahan, Jepara juga diulang terkait kesalahan administrasi. Surat suara yang mestinya ditandatangani Ketua KPPS, justru saat pelaksanaan digantikan ayahnya. Padahal surat suara sah itu harus ditandatangani oleh ketua KPPS," kata Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Jateng, Rofiuddin, saat dikonfirmasi, Sabtu (20/4).

Dia menyebut, akan segera merekomendasikan pemilihan suara ulang di beberapa kabupaten kota ke KPU Jateng. Dari informasi yang diperoleh bahwa bertambah 11 kabupaten kota yang melakukan PSU. Diantaranya Kabupaten Banyumas TPS 10 Kelurahan Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Boyolali TPS 26 Kelurahan Siswodipuran.

Kabupaten Brebes TPS 12 Desa Jipang, Kecamatan Bantarkawung, TPS 28 Desa Bangebatan, Kecamatan Bantarkawung, dan TPS 13 Desa Banjarsari, Bantarkawung. Kabupaten Jepara, Welahan, Kabupaten Kendal TPS 02 Kelurahan Balok, Kabupaten Magelang TPS 001 Dusun Jambu, Desa Tempurejo, Kecataman Tempuran, Kota Magelang TPS 1 kampung Tulung RT 1 RW 1 Magelang Tengah.

Kabupaten Pemalang TPS 14 Dusun Taman, Kecamatan Taman, TPS 11 Desa Jrakah, Kecamatan Taman, TPS 34 Kelurahan Mulyoharjo, Pemalang, Kota Semarang TPS 7 Kedungmundu, Kecamatan Tembalang, TPS 50 Meteseh, Tembalang, dan TPS 38 Bangetayu Kulon RT 6 RW 8 Genuk, Kota Salatiga TPS 54 Kelurahan Salatiga, Kota Salatiga.

"Total 11 Kabupaten Kota yang kami ajukan untuk pemilihan suara ulang. Kami minta KPU untuk segera menjadwalkan ulang 10 hari setelah pemilu. Kami hanya sebatas menyampaikan saja, soal pelaksanaan PSU kapan, itu kewenangan KPU, " Rofiuddin.

Sementara Ketua KPU Jateng, Yulianto Sudrajat mengatakan pemilihan ulang hari ini dilakukan di Kabupaten Tegal, dan Jepara. Terkait pemilihan ulang di beberapa kabupaten kota lain masih dalam rapat pembahasan.

"Kita masih rapat plenokan dulu," tutup Yulianto. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini