Setelah Ditolak Jokowi, NasDem Bantah Usulkan Jabat Presiden Tiga Periode

Senin, 2 Desember 2019 19:45 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Setelah Ditolak Jokowi, NasDem Bantah Usulkan Jabat Presiden Tiga Periode Irma Suryani Chaniago. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua DPP Partai NasDem Irma Chaniago menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo atas usulan masa jabatan presiden tiga periode. Irma membantah bahwa usulan tersebut berasal dari NasDem.

"Saya kira apa yang disampaikan Pak Saan Mustopa (Sekretaris Fraksi NasDem Saan Mustofa) itu hanya kajian-kajian atas dasar banyaknya usulan terkait masa jabatan presiden yang muncul, bukan berarti NasDem yang mengusulkan hal itu. Namanya juga kajian," kata dia, saat dihubungi Merdeka.com, Jakarta, Senin (2/12).

Dia mengatakan, Presiden Jokowi tentu memiliki pertimbangan sendiri untuk tidak menyetujui wacana tersebut. Namun menurut dia, kajian terkait hal tersebut wajar saja dilakukan oleh DPR.

"Jika presiden tidak setuju tentu ada alasannya, tetapi jika parlemen sebagai salah satu pembuat UU melakukan kajian tentu itu bukan sesuatu yang diharamkan, karena UUD 1945 yang asli (yang belum diamandemen) bahkan mengatakan masa jabatan Presiden boleh berkali-kali sepanjang dikontestasikan terlebih dahulu setiap lima tahun sekali," ujar dia.

1 dari 1 halaman

NasDem Dukung Amandemen UUD 1945 Menyeluruh

Dia pun menambahkan bahwa sejak awal NasDem mendukung amandemen UUD 1945 secara menyeluruh bukannya amandemen terbatas. Artinya kembali ke UUD 1945 yang asli.

"Makanya sejak awal NasDem menyatakan tidak setuju dengan amandemen terbatas tersebut. NasDem justru ingin agar sekalian saja amandemen menyeluruh atau kembali ke UUD 1945 yang asli," tegas Irma.

Dengan demikian, lanjut dia, sistem presidensial akan menjadi lebih kuat. "Terus terang saat ini NasDem justru fokus pada penguatan sistem presidensial, agar pemerintah benar-benar memiliki otoritas yang kuat dalam melaksanakan program kerja serta anggaran," urai Irma.

"Sementara itu parlemen fokus pada penguatan kontrol dan legislasinya. Karena sekarang ini sistem presidential kita masih setengah-setengah dengan parlementer," tandasnya. [bal]

Baca juga:
Demokrat Duga Ada Agenda Terselubung di Balik Usulan Jabatan Presiden 3 Periode
Demokrat Sindir Pihak yang 'Jilat' Jokowi Lewat Isu Masa Jabatan Presiden 3 Periode
PKS Puji Jokowi Tegas Tolak Wacana Jabatan Presiden 3 Periode
Jokowi Tolak Jabatan Presiden 3 Periode, MPR Sebut Tergantung Rakyat
Setelah Ditolak Jokowi, NasDem Bantah Usulkan Jabat Presiden Tiga Periode
Disindir Cari Muka, NasDem Bilang 'Masa Jabatan Presiden 3 Periode Aspirasi Rakyat'

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini