Sekjen Gerindra Dukung Panja Jiwasraya

Kamis, 6 Februari 2020 17:31 Reporter : Ronald
Sekjen Gerindra Dukung Panja Jiwasraya ahmad muzani dan sugiono di Hambalang. ©2019 Merdeka.com/genantan

Merdeka.com - Partai Gerindra menitikberatkan pada pengembalian uang nasabah dalam penyelesaian dugaan penyelewengan asuransi di Jiwasraya. Baik Panja atau Pansus, Gerindra lebih memilih pada proses yang sudah berjalan saat ini.

Sekjen Partai Gerindra Achmad Muzani menegaskan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) wajib mengembalikan seluruh uang nasabah dalam kasus ini.

"Prinsipnya bagi Gerindra adalah persoalan Jiwasraya harus menjadi persoalan amat mahal bagi pengelolaan keuangan BUMN kita. Maka penyelesaian itu menjadi keniscayaan. Dan pengembalian uang nasabah yang merupakan uang rakyat harus menjadi tanggung jawab bagi BUMN yang bersangkutan," tegasnya di DPP Gerindra, Jalan Harsono RM 54, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (6/2).

1 dari 1 halaman

Menurutnya, penyelesaian itu bisa melalui dua proses yakni Panja dan Pansus. Kalau Pansus, menurut Muzani, yakni gabungan dari komisi-komisi, sedangkan panja per komisi. Namun, Muzani lebih memilih proses yang sudah berjalan yakni Panja.

"Nah sekarang panja itu dilakukan di tiga Komisi, ya sudah terserah saja. Ada 3 menyangkut hukum, Komisi VI tentang pengelolaan administrasi dan pengelolaan BUMN, ada Komisi XI yang menyangkut tentang pengelolaan keuangannya. Silakan dibicarakan. Fraksi pada prinsipnya akan ikut," ujar Ketua Fraksi Gerindra di DPR itu.

Lebih lanjut, saat ditanyakan adanya permintaan salah satu pimpinan Gerindra agar tidak usah mendukung panja, Muzani menegaskan, apapun yang dilakukan kasus ini harus tuntas. Menurutnya, ada yang harus bertanggungjawab atas kasus ini.

"Ya prinsip sekali lagi persoalan Jiwasraya harus menjadi pelajaran yang mahal supaya persoalan ini tidak terulang. Manajemen yang bertanggungjawab atas kesalahan ini harus bertanggungjawab secara hukum ataupun secara keuangan. Mekanisme itu nanti akan terbuka ya. Mekanisme itu akan terbuka, apakah kita nanti akan panja atau pansus. Terbuka dalam arti pada akhirnya konsensus itu akan tercapai di DPR," pungkasnya. [rnd]

Baca juga:
Panja Jiwasraya akan Panggil Para Tersangka ke DPR
Nasabah Jiwasraya: Tidak Peduli Pansus atau Panja, yang Penting Uang Kami Balik
Demokrat Terus Dorong Pansus Untuk Selesaikan Kasus Jiwasraya
Panja Komisi VI Jiwasraya Berencana Panggil Salah Satu Orang Terkaya Indonesia
DPR Ingin Pemerintah Selesaikan Pembayaran Polis Jiwasraya dalam Setahun
Bahas Jiwasraya, Menteri BUMN Rapat Panja dengan Komisi VI

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini