Sandiaga Tak Mau Berdebat Lagi Soal Pembangunan Infrastruktur Tanpa Utang

Kamis, 3 Januari 2019 23:35 Reporter : Sania Mashabi
Sandiaga Tak Mau Berdebat Lagi Soal Pembangunan Infrastruktur Tanpa Utang Sandiaga Uno. ©2018 Merdeka.com/Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan polemik pembangunan infrastruktur tanpa utang sudah tidak perlu diperdebatkan lagi. Sebab, kata dia, sudah banyak pihak yang menjelaskan bahwa membangun infrastruktur tanpa membebani utang dan APBN masih memungkinkan.

"Jadi itu sudah tidak menjadi perdebatan (Menko Perekonomian) Pak Darmin sudah menyatakan sangat mampu, Bu Sri Mulyani, Pak Herry TZ dari BPJT yang memimpin badan BPJT yang mengelola jalan tol mengatakan juga banyak sekali tanpa menambah utang. Pemerintah menyatakan juga banyak sekali kemungkinan untuk membangun jalan tol tanpa menambah utang pemerintah," kata Sandi di Kawasan Meruya, Jakarta Barat, Kamis (3/1).

Menurut dia, ada beberapa jalan tol yang sudah dibangun tanpa membebani utang negara atau pun APBN. Salah satunya adalah tol Cipali.

"Tadi Pak Herry TZ menyatakan bahwa Cipali dan ada beberapa tol lain tidak membebani utang pemerintah," ungkapnya.

Sandi mengatakan pembangunan infrastruktur tanpa pembebanan utang dan APBN masih dimungkinkan. Caranya dengan menjalin kemitraan dengan pihak swasta dan pemerintah hanya memberikan kontribusi berupa lahan.

"Jadi itu polanya adalah pola kemitraan dengan badan usaha. Dan sudah dijalankan juga sudah terjadi dan menurut saya tol enam ruas di dalam kota juga tidak membebani utang negara," ujarnya.

"Pemerintah hanya menyediakan kemitraannya dalam bentuk tanah. Semua keuangannya di handle oleh swasta ya mungkin untuk yang enggak mendalami ekonomi agak susah menangkap ini tapi BPTJ dengan baikya menjelaskan," ucapnya. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini