Saksi Ahli KPU Ungkap Sistem Keamanan Situng di Sidang MK

Kamis, 20 Juni 2019 14:34 Reporter : Merdeka
Saksi Ahli KPU Ungkap Sistem Keamanan Situng di Sidang MK Pakar IT Marsudi Wahyu bersaksi di sidang sengketa Pilpres 2019. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Saksi ahli yang diajukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersaksi di sidang lanjutan sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (20/6).

Dia adalah Prof Ir Marsudi Wahyu Kisworo, IPU. Dalam kesaksiannya, Marsudi memaparkan keamanan Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng) KPU. Pada kasus Situng 2019. Web Situng dirancang untuk menginformasikan kepada masyarakat.

"Dia (Situng Web) merupakan virtualisasi dari Situng yang sesungguhnya di dalam," ujar dia.

Sehingga, yang perlu diamankan Situng yang di dalam. Pertama, Situng dalam hanya bisa diakses dari dalam KPU. Kedua, dibuat cadangan server. Dan itu harus disembunyikan.

"Satu di KPU dan dua di tempat lain. Sehingga kalau misalnya KPU kejatuhan pesawat terbang. Masih ada dua server yang berjalan," ujar dia.

Sementara itu, berbeda dengan Situs atau Web Situng. Itu dirancangkan agar masyarakat mudah memanfaatkan data tersebut untuk mengawal jika terjadi manipulasi. Sehingga pengamanan tidak perlu berlebihan.

"Kenapa, situs web virtualisasi dari Situng dari dalam. Jadi kalau situs web dirusak atau diretas silakan saja, nanti 15 menit lagi di-recovery juga kembali seperti semula," ujar dia.

Reporter: Ady Anugrahadi

Sumber: Liputan6.com [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini