Ratusan Kursi Kosong Anggota DPR Hiasi Paripurna Pengesahan Revisi UU

Selasa, 24 September 2019 16:07 Reporter : Merdeka
Ratusan Kursi Kosong Anggota DPR Hiasi Paripurna Pengesahan Revisi UU dpr. Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Ratusan kursi kosong menghiasi rapat paripurna DPR yang digelar hari ini, Selasa (24/9). Padahal rapat kali ini mengagendakan pembahasan dan pengesahan enam undang-undang, termasuk UU Permasyarakatan.

Rapat paripurna digelar di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9). Rapat yang diagendakan dimulai pukul 10.00 WIB itu molor dan baru dimulai sekitar pukul 12.00 WIB.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah sebagai pemimpin rapat menyatakan daftar kehadiran anggota Dewan ditandatangani 288 orang. Berdasarkan catatan itu, rapat dinyatakan kuorum dan dapat dilanjutkan. Adapun kuorum rapat jika daftar kehadiran mencapai 50 persen plus 1. Jumlah anggota Dewan adalah 560 orang.

"Berdasarkan catatan Kesetjenan DPR, daftar hadir ditandatangani 288 anggota Dewan," kata Fahri.

Namun hingga paripurna selesai, kursi-kursi di ruang paripurna tidak juga terisi anggota dewan. Berdasarkan head count alias hitung langsung hanya ada 70 anggota yang ada di ruang rapat.

Dalam paripurna siang ini, DPR mengesahkan RUU Peraturan Pembentukan Perundangan Perundang-undangan dan RUU Pesantren, RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2020 beserta Nota Keuangannya dan RUU Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan serta RUU Budi Daya Pertanian Berkelanjutan.

Sementara RUU tentang Pemasyarakatan diputuskan untuk ditunda pengesahannya.

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini