Puan Benarkan Adanya Aturan Bisa Perkecil Peluang Gibran Maju di Pilkada Solo

Rabu, 18 Desember 2019 23:17 Reporter : Arie Sunaryo
Puan Benarkan Adanya Aturan Bisa Perkecil Peluang Gibran Maju di Pilkada Solo Puan Maharani Keliling Ruang-Ruang di DPR. ©Liputan6.com/Delvira Hutabarat

Merdeka.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memiliki peraturan terkait Pilkada. Ada persyaratan untuk kader yang ingin maju sebagai bakal calon kepala daerah. Yakni minimal menjadi kader selama 3 tahun dan mendapat rekomendasi dari pengurus partai tempat calon tersebut berdomisili.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani membenarkan adanya peraturan tersebut. Para kader juga harus mengikuti mekanisme yang ada di partai.

Dengan peraturan tersebut banyak yang memprediksi peluang putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Solo menipis.

Pasalnya Gibran baru resmi menjadi anggota PDIP akhir September lalu. Suami Selvi Ananda itu juga tak mengantongi rekomendasi dari Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo.

1 dari 1 halaman

Namun Puan mempunyai alasan lain bagi kader PDIP yang ingin mengikuti Pilkada. Meski ada persyaratan tersebut, namun penentuan akhir tetap menjadi hak DPP PDIP.

"Ya kan ada mekanisme yang harus diikuti. Namun DPP partai mempunyai hak prerogatif untuk kemudian memilih siapa calon yang akan diputuskan," ujar Puan disela acara 'Konsolidasi Tiga Pilar Partai Bersama Puan Maharani' di Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (18/12).

Kendati demikian Puan mengelak jika pernyataannya tersebut khusus ditujukan untuk pencalonan Gibran. Ketua DPR RI itu juga enggan menanggapi saat ditanyakan terkait peluang Gibran dalam Pilkada Kota Solo.

"Saya tidak menyebut Gibran, anak Presiden," katanya.

Puan menegaskan, PDIP tidak membedakan siapapun calon yang mendaftar. Baik laki-laki maupun perempuan harus mengikuti mekanisme yang ada.

"Kalau kemudian dianggap mempunyai kapasitas untuk bisa maju dalam Pilkada pasti akan kita dukung," tandasnya. [fik]

Baca juga:
Gelar Acara Konsolidasi Tiga Pilar di Sukoharjo, Puan Dijemput Gibran di Bandara Solo
PDIP Tak akan Berikan Keistimewaan Bagi Gibran dan Bobby
Purnomo dan Gibran Bersanding di Pilkada Solo, Mungkinkah Terjadi?
PPP Sebut Survei Median Jadi Modal Awal Buat Gibran
Gibran Sebut Penentuan Calon Wali Kota Solo Bukan di Tangan Jokowi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini