Polri masih kaji usulan jenderal jadi Pj Gubernur Jabar & Sumut

Selasa, 30 Januari 2018 18:37 Reporter : Nur Habibie
Polri masih kaji usulan jenderal jadi Pj Gubernur Jabar & Sumut Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto. ©2018 Merdeka.com/Nur Habibie

Merdeka.com - Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan pihaknya akan melakukan pengkajian kembali untuk penunjukan Penjabat (Pj) Gubernur di Jawa Barat dan Sumatera Utara. Asops Polri Irjen Pol Muhammad Iriawan ditunjuk sebagai Pj Gubernur di Jawa Barat dan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Martuani Sormin ditunjuk sebagai PJ Gubernur Sumatera Utara.

"Ini sedang dikaji dari divisi hukum polri SSDM Polri nanti akan kita rilis," kata Setyo di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (30/1).

Dia menegaskan saat ini masih melakukan pengkajian atas penunjukan dua jenderal tersebut untuk mengisi kekosongan jabatan gubernur di Jawa Barat dan Sumatera Utara. "Sedang dikaji oleh Divkum," tegasnya.

Dalam hal ini, dirinya pun menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan pengkajian sesuai dengan Undang-undang yang sudah ada atau berlaku.

"Banyak aturan kan dikaji ada hirarki hukum mulai dari UUD, kemudian UU terus turun ke bawah apa saja aturan-aturan yang berlaku mengatur seperti ini," ujarnya.

Dirinya pun mengungkapkan bukan Pilkada Serentak 2018 ini saja anggota Polri menjadi Pj Gubernur. Karena pada 2017 lalu, Irjen Pol Carlo Tewu ditunjuk sebagai Pj Gubernur di Sulawesi Barat.

"Catat ini bukan pertama kali, 2017 Pilkada serentak sudah dilaksanakan Pj Gubernur Sulawesi Barat, aktif Carlo Tewu," ungkapnya.

Saat ditanya apakah nantinya akan bertentangan dengan aturan Polri yang sudah. Dirinya menjawab bahwa pihaknya masih sedang melakukan pengkajian terkait hal tersebut. Dalam melakukan pengkajian juga pihaknya akan mengundang beberapa ahli.

"Pasti undang ahli ada beberapa ahli sebagai masukan. Karena saya pernah jadi Kadivkum. Kalau kita kaji sesuatu kita undang ahli-ahli. Tapi ahli-ahli itu enggak menentukan, dia berikan masukan-masukan," tandasnya.

Sebelumnya, Kabagpenum Divhumas Mabes Polri, Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan bahwa ada dua Perwira Tinggi (Pati) Polri yang akan menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jawa Barat dan Sumatera Utara. Hal itu dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut pada saat Pilkada serentak 2018.

"Ya tadi dalam pengarahannya Bapak Wakapolri menyampaikan bahwa ada dua perwira tinggi Polri yang dipercaya untuk memimpin sementara dua wilayah Provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat dan Sumatera Utara," kata Martinus di Aula PTIK/STIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (25/1).

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Barat ini pun menyebut bahwa dua Pati Polri tersebut yakni Asops Polri Irjen Pol M. Iriawan sebagai Plt Gubernur Jawa Barat dan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Martuani Sormin sebagai Plt Gubernur Sumatera Utara.

"Informasi ini kami masih menunggu surat resminya (dari Kemendagri), sehingga bisa kami ketahui siapa yang akan menduduki jabatan sementara," ujarnya. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini