Politikus PKS Usul Dewan Pengawas KPK Dipilih DPR

Senin, 16 September 2019 18:55 Reporter : Ahda Bayhaqi
Politikus PKS Usul Dewan Pengawas KPK Dipilih DPR Gedung KPK. ©2014 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKS Nasir Djamil menilai, idealnya anggota dewan pengawas KPK dipilih DPR. DPR, yang memiliki fungsi pengawasan, berharap diberi tanggung jawab penuh menyeleksi anggota dewan pengawas KPK.

Usulan ini terkait pembahasan revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. Salah satu yang diubah, DPR ingin ada Dewan Pengawas, sebagai check and balances kinerja KPK.

"Menurut saya sebenarnya memang idealnya memang sebagai lembaga pengawas, DPR juga pengawas, DPR kan punya fungsi pengawasan, nah idealnya menurut saya memang itu dilakukan seleksinya oleh DPR, dari awal oleh DPR," ujar Nasir di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (16/9).

Nasir menyebut, DPR bisa melibatkan ahli untuk melakukan seleksi dewan pengawas. Sehingga tidak sepenuhnya dilakukan DPR.

"DPR dalam menyeleksi dewan pengawas calon-calon anggota dewan pengawas itu bisa meminta bantuan dari ahli-ahli lain untuk membantu DPR menilai apakah orang ini layak dan patut untuk menjadi dewan pengawas KPK," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Dewan Pengawas Jadi Perdebatan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini