PKS dan Berkarya Sepakat Kerja Sama di Pilkada Serentak 2020

Selasa, 19 November 2019 21:22 Reporter : Tri Yuniwati Lestari
PKS dan Berkarya Sepakat Kerja Sama di Pilkada Serentak 2020 Partai Berkarya Bergandengan dengan PKS. ©2019 Merdeka.com/Tri Yuniwati Lestari

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto mengatakan, takkan membiarkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi oposisi pemerintah sendirian. Partai Berkarya bakal mendukung PKS menyikapi setiap kebijakan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin.

"Seperti diketahui oposisi memang secara tidak langsung ada di Indonesia kami akan selalu berpihak kepada rakyat, kebijakan yang baik untuk rakyat kami akan mendukung pemerintahan apa kebijakan tersebut baik," kata Tommy usai bertemu dengan elite PKS di DPP PKS Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa (19/11).

Menurut Tommy, dukungan pertama dilakukan bekerjasama dengan PKS dalam Pilkada Serentak 2020 mendatang. Dia mengatakan, kerjasama itu diharapkan agar dapat mengawal kebijakan pemerintahan ke depan supaya lebih baik.

"Yang akan kami lakukan dalam waktu-waktu ke depan dan kesempatan yang lain kolaborasi atau kerja sama antara partai PKS dengan Berkarya adalah terhadap Pilkada di mana Pilkada yang bisa sinergikan kita bisa kerja sama diantara dua partai tersebut," ujar Tommy.

Sementara itu, Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan, Partai Berkarya memiliki anggota DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten Kota dengan jumlah mencapai 160 kursi. Menurut dia, dengan jumlah itu PKS bisa bekerja sama di dalam parlemen tingkat kabupaten kota dan juga provinsi.

"Untuk Pilkada itu jelas sekali kami bisa bekerja sama, di tempat-tempat di mana Berkarya cukup signifikan dan PKS juga signifikan kami bisa bekerja sama dan kebijakan PKS memang memberikan keleluasaan kepada daerah untuk berkoalisi dengan partai mana saja tentu juga dengan Berkarya," papar Sohibul.

Sohibul mengatakan, walaupun Partai Berkarya tidak memiliki representasi di DPR tetapi sebagai partai politik memiliki hak bersuara. Bahkan dia menilai Partai Berkarya bisa menjadi kelompok penekan untuk menguatkan pihak yang berada di luar pemerintahan.

"Nanti Berkarya dapat memberikan penguatan-penguatan untuk mengkritisi pemerintah walaupun tentu dari sisi suara mereka tidak punya hak suara tetapi tentu dari sisi opini pembentukan opini dan juga pressure kepada pemerintah itu juga sangat bermanfaat," ucap Sohibul. [gil]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini