Pimpinan DPR perintahkan Pansus angket KPK terus bekerja

Selasa, 5 Desember 2017 17:27 Reporter : Sania Mashabi
Pimpinan DPR perintahkan Pansus angket KPK terus bekerja Fahri Hamzah. ©2017 dok foto dok ri

Merdeka.com - Panitia Khusus (Pansus) Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan rapat konsultasi dengan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan juga para pimpinan fraksi. Dalam rapat tersebut pimpinan DPR dan Ketua Fraksi sepakat meminta Pansus Angket kembali bekerja terutama dalam hal meminta konfirmasi soal temuan-temuan Pansus.

Rapat itu dihadiri oleh Pimpinan Pansus Agun Gunadjar Sudarsa, Wakil Ketua Pansus Taufiqulhadi dan anggota Pansus Risa Mariska. Sekitar tujuh fraksi ikut hadir rapat tersebut.

"Pertama rapat konsultasi pimpinan dewan memohon meminta pansus angket meneruskan langkah penyelidikan sesuai UU ketentuan berlaku terutama konfirmasi temuan sudah ada dalam pansus angket penyelidikan KPK dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya," kata Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (5/12).

Selain itu, pimpinan juga meminta Pansus untuk segera menyusun rekomendasi sambil menunggu putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) tentang keabsahan objek Pansus. Rekomendasi itu, kata Fahri, harus dilaporkan pada rapat paripurna.

"Menyiapkan rekomendasi sambil menunggu MK. Opsi kesimpulan Pansus angket dilaporkan di DPR apabila dinyatakan selesai," ungkapnya.

Untuk diketahui, KPK selalu mangkir dari panggilan Pansus Angket. KPK berdalih menunggu putusan MK untuk bisa menghadiri undangan Pansus Angket demi memberikan klarifikasi terkait temuan-temuan pansus. Saat ini proses gugatan tersebut masih bergulir di MK. [rnd]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini